[prisna-google-website-translator]

Bagian Pemerintahan

SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BLITAR

BAGIAN PEMERINTAHAN

Jl. Kusuma Bangsa No. 60 Kanigoro Blitar

E-Mail : [email protected]


 

Kepala Bagian : SUHENDRO WINARSO, S.STP, MSi.
Pangkat / Gol. : Pembina / IVa
NIP. : 19760525 199511 1 001
Alamat Rumah :

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI :

  • Kepala Bagian Pemerintahan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan program dan  petunjuk teknis pembinaan dalam rangka pemberdayaan penyelenggaraan pemerintahan umum, pembinaan perangkat kecamatan, pengembangan dan penyelenggaraan otonomi daerah, kerjasama daerah dan pembinaan pemerintah desa.
  • Untuk melaksanakan tugas Kepala Bagian Pemerintahan mempunyai fungsi :
    1. memimpin pengumpulan, pengolahan dan pensistematisan data pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan sebagai bahan pembinaan;
    2. mengkoordinasikanpenyusunan bahan dan data serta perumusan kebijakan dalam rangka penyelenggaraan dan pengembangan otonomi daerah;
    3. mengkoordinasikan pemantauan dan pengevaluasian pelaksanaan program kerja pembangunan di bidang pemerintahan umum;
    4. memimpin koordinasi dan penyusunan bahan data serta perumusan kebijakan dalam rangka pembinaan dan pengawasan pemerintah desa;
    5. memimpinpembinaan Perangkat Kecamatan dan Kelurahan; dan
    6. mengkoordinasikan penyusunan program kerjasama daerah dalam rangka pengembangan otonomi daerah;dan
    7. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat.
  • Kepala Sub Bagian Pemerintahan Umum mempunyai tugas melaksanakan penyusunan program dan petunjuk teknis pembinaan dalam rangka pemberdayaan penyelenggaraan Pemerintahan Umum,melaksanakan pembinaan perangkat kecamatan dan kelurahan.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaiman Kepala Sub Bagian Pemerintahan umum mempunyai fungsi :
    1. menyusun program kerja Sub Bagian Pemerintahan Umum untuk acuan pelaksanaan tugas;
    2. melaksanakan pengumpulan dan pengelolaan data serta memberikan pertimbangan dalam rangka pembinaan, pemeliharaan bahan pembinaan pemerintahan umum;
    3. melaksanakan pembinaan, sosialisasi, bimbingan, konsultasi, supervisi, koordinasi, monitoring dan evaluasi serta pengawasan penyelenggaraan urusan pemerintahan;
    4. melaksanakan Pengumpulan dan penganalisaan data dalam rangka perumusan penyusunan program dan petunjuk teknis pembinaan penyelenggaraan pemerintahan umum;
    5. melaksanakan pengumpulan bahan dalam pedoman dan petunjuk teknis Penetapan dan Penegasan Batas Daerah;
    6. melaksanakan pengumpulan bahan dalam pedoman dan petunjuk teknis inventarisasi Pembakuan Nama Rupa Bumi / Toponimi);
    7. melaksanakanpengumpulan bahan dalam pedoman dan petunjuk teknis Penetapan dan Penegasan Batas Desa / Kelurahan;
    8. melaksanakanpengumpulan, pengolahan dan pensistematisan data tentang penyelenggaraan pemerintahan;
    9. melaksanakanpengkoordinasian dalam rangka penyusunan dan inventarisasi Pembakuan Nama Rupa Bumi / Toponimi;
    10. melaksanakanPengkoordinasian dan fasilitasi penegasan Batas Daerah;
    11. melaksanakanPengkoordinasian dan Fasilitasi Penetapan dan penegasan Batas Desa dan kelurahan.
    12. menginventarisasi Arsip dan Dokumen Permasalahan Penegasan Batas Daerah, batas Desa dan batas kelurahan;
    13. menerima, menganalisa dan mengevaluasi laporan-laporan tentang penyelenggaraan Pemerintahan dari Kecamatan dan Kelurahan;
    14. mengawasi kinerja Camat;
    15. memfasilitasi pembinaan administrasi kecamatan dan kelurahan;
    16. memfasilitasi pemekaran kecamatan dan kelurahan;
    17. memfasilitasi pembinaan peningkatan SDM kecamatan dan kelurahan;
    18. kelembagaan kelurahan;
    19. melaksanakan Fungsi pengawasan pelaksanaan pemerintahan umum; dan
    20. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Pemerintahan sesuai dengan bidang tugasnya;
  • Kepala Sub Bagian Pemerintahan Desa mempunyai tugas mengumpulkan mengolah data dalam rangka penyusunan kebijakan, penyusunan program dan petunjuk teknis bidang pengembangan dan kelembagaan desa, bidang perangkat dan administrasi desa, bidang pendapatan dan kekayaan desa dan bidang penataan desa.
  • Untuk melaksanakan tugas Kepala Sub Bagian Pemerintahan Desa mempunyai fungsi :
  1. mengumpulkan bahan dalam penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pelaksanaan tugas dan fungsi pemerintah desa
  2. mengumpulkan bahan dalam penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Permusyawaratan Desa
  3. mengumpulkan bahan dalam penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pelaksanaan tugas dan fungsi Lembaga Kemasyarakatan yang mendukung kegiatan penyelenggaraan pemerintahan desa
  4. mengumpulkan bahan dalam penyusunan pedoman dan petunjuk teknis kewenangan desa
  5. mengumpulkan bahan dalam penyusunan pedoman dan petunjuk teknis Penataan Desa (Pembentukan Desa, Penghapusan Desa, Penggabungan Desa, Pemecahan Desa, Perubahan Status Desa menjadi Kelurahan dan Perubahan Status Kelurahan menjadi Desa)
  6. mengumpulkan bahan dalam penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pengembangan desa
  7. mengumpulkan bahan dalam penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembentukan produk hukum desa
  8. memfasilitasi Pengesahan, Pengangkatan, Pemberhentian dan Penggantian Antar Waktu anggota Badan Permusyawaratan Desa
  9. memfasilitasi kegiatan pembentukan desa, penghapusan desa, penggabungan desa, pemecahan desa, perubahan status desa menjadi kelurahan dan perubahan status kelurahan menjadi desa
  10. mengumpulkan bahan dalam penyusunan pedoman dan petunjuk teknis administrasi pemerintahan desa
  11. mengumpulkan bahan dalam penyusunan materi pembinaan teknis pelaksanaan tugas dan fungsi Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD dan Lembaga Kemasyarakatan
  12. memfasilitasi pelaksanaan Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa
  13. memfasilitasi pemilihan kepala desa antar waktu
  14. memfasilitasi dan supervisi dalam pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa
  15. mengumpulkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.
  16. mengumpulkan bahan dalam penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pengelolaan keuangan desa
  17. mengumpulkan bahan dalam penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pengelolaan dan peningkatan pendapatan dan kekayaan desa
  18. memfasilitasi penyelesaian permasalahan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa
  19. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Pemerintahan

 

  • Kepala Sub Bagian Otonomi dan Kerjasama Daerah mempunyai tugas :
    1. mengumpulkan dan mengolah data dalam rangka perumusan kebijakan, penyusunan program dan petunjuk teknis otonomi daerah;
    2. mengumpulkan dan mengolah data dalam rangka perumusan kebijakan kerjasama dalam dan luar negeri di bidang pemerintahan, ekonomi, pembangunan, sosial dan budaya serta melaksanakan monitoring, evaluasi dan pengendalian kerjasama.
  • Untuk melaksanakan tugas Kepala Sub Bagian Otonomi dan Kerjasama Daerah mempunyai fungsi :
  1. menyusun program kerja Sub Bagian Otonomi dan Kerjasama untuk acuan pelaksanaan tugas;
  2. melaksanakan penataan, pembentukan, penghapusan dan penggabungan daerah;
  3. mengumpulkan dan penganalisaan data dalam rangka perumusan penyusunan program dan petunjuk teknis pembinaan penyelenggaraan  otonomi daerah;
  4. mengumpulkan bahan dan data guna inventarisasi kewenangan, pengakuan dan pelaksanaan kewenangan;
  5. melaksanakan koordinasi dan memfasilitasi asosiasi daerah, Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPO) dan Hubungan Antar Lembaga (HAL);
  6. mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD);
  7. memfasilitasi pembentukan Tim fasilitasi pelaksanaan urusan pemerintahan;
  8. melaksanakan penerimaan kunjungan kerja/studi banding/tamu dari luar daerah;
  9. menyiapkan segala bahan dalam rangka pencalonan, pengusulan pengangkatan dan pemberhentian Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah;
  10. melaksanakan dan mempersiapkan proses pengusulan penerbitan Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Pengangkatan/ Pemberhentian Bupati/ Wakil Bupati melalui Gubernur;

 

Please follow and like us:
20
Like