PEMERINTAH KABUPATEN BLITAR

KECAMATAN GANDUSARI

Jalan Raya Kawi Nomor 57 Telepon (0342) 92032 Kecamatan Gandusari Kode Pos 66187

Camat:IMAM ASHARI, SP.
Pangkat / Gol.:Pembina / (IV/a)
NIP.:19590101 198202 1 013
Alamat:Jl. Raya Genengan Rt. 01 / 01 Ds. Genengan Kec. Pakisaji Kab. Malang Telp. 831196
   

Nama Nama Kelurahan / Desa di Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar

  1. Kelurahan/Desa Butun
  2. Kelurahan/Desa Gadungan
  3. Kelurahan/Desa Gandusari
  4. Kelurahan/Desa Gondang
  5. Kelurahan/Desa Kotes
  6. Kelurahan/Desa Krisik
  7. Kelurahan/Desa Ngaringan
  8. Kelurahan/Desa Semen
  9. Kelurahan/Desa Slumbung
  10. Kelurahan/Desa Soso
  11. Kelurahan/Desa Sukosewu
  12. Kelurahan/Desa Sumber Agung
  13. Kelurahan/Desa Tambakan
  14. Kelurahan/Desa Tulungrejo

 

  1. Kedudukan, Domisili dan Alamat

Kecamatan Gandusari terletak dalam Blitar utara sampai lereng Gunung Kelud dan Gunung Kawi dan berjarak 21 km arah timur laut Kota Blitar. Adapun batas – batas Kecamatan Gandusari adalah sebagai berikut :

a. Utara:Kabupaten Malang dan Kabupaten Kediri
b. Timur:Kecamatan Wlingi dan Kabupaten Malang
c. Selatan:Kecamatan Talun dan Kecamatan Wlingi
d. Barat:Kecamatan Garum dan Kecamatan Talun

 Luas wilayah Kecamatan Gandusari adalah 88,23 km2 yang secara administratif terbagi kedalam 14 desa, 45 dusun, 115 RW dan 443 RT.

  • Kantor Camat Gandusari terletak di Desa Gandusari dengan alamat Jl. Raya Kawi Nomor 57 dengan Nomor telp : (0342) 692032.
  • Satu lokasi dengan Puskesmas Gandusari, Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PP dan KB) dan Kantor PPL Pertanian.

Gambar Lokasi Kecamatan Gandusari dan Wilayah Kecamatan Gandusari

gandusari

 

  1. GAMBARAN UMUM SATUAN KERJA KECAMATAN GANDUSARI

Kecamatan Gandusari merupakan Perangkat Daerah yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah yang berperan memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Kecamatan merupakan salah satu bagian dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di Kabupaten Blitar yang dipimpin oleh seorang Camat dan memiliki wilayah administratif sebagai wilayah kerjanya. Organisasi Pemerintah Kecamatan di Kabupaten Blitar didasarkan dan berlandaskan pada :

  1. Peraturan Daerah Kabupaten Blitar Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan.
  2. Peraturan Bupati Blitar Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Penjabaran Tugas dan Fungsi Kecamatan Kabupaten Blitar.

Sesuai dengan peraturan diatas maka tugas pokok Kecamatan Gandusari adalah melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah serta melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugasnya. Disamping itu kecamatan juga menyelenggarakan tugas umum pemerintahan yang meliputi :

  1. Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat
  2. Mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan keamanan dan ketertiban umum
  3. Mengkoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang – undangan
  4. Mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum
  5. Mengkoordinasikan kegiatan pemerintahan di kecamatan
  6. Membinapenyelenggaraan pemerintahan desa
  7. Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya.

 

  1. VISI DAN MISI

Visi

Visi adalah cara pandang jauh kedepan kemana instansi pemerintah dibawa agar dapat eksis, antisipatif dan inovatif. Visi merupakan suatu gambaran menantang tentang masa depan yang diinginkan oleh instansi pemerintah atau organisasi. Visi dibutuhkan oleh suatu organisasi untuk mencapai tujuan dalam waktu tertentu, menentukan sikap dan tindakan sebagai tolok ukur keberhasilan melaksanakan tugas. Visi kecamatan merupakan perpaduan antara visi seorang camat dan visi perangkat kecamatan. Visi Kecamatan Gandusari tahun 2011 – 2015 ditetapkan sebagai berikut :

“Terselenggaranya administrasi pemerintahan yang baik dan tertib untuk mewujudkan pelayanan masyarakat yang berkualitas serta mendukung program – program pembangunan Kabupaten Blitar”

 

Misi

Misi adalah sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan oleh SKPD sesuai dengan visi yang telah ditetapkan agar tujuan dan sasaran organisasi tercapai dengan baik. Dengan pernyataan misi ini diharapkan seluruh pegawai dan pihak yang berkepentingan dapat mengenal SKPD dan mengetahui peran dan program – program serta hasil yang akan diperoleh dan diperjuangkan untuk mencapai masa datang yang lebih baik. Mengacu pada visi Kecamatan Gandusari dan tujuan pemerintah Kabupaten Blitar yang tercantum dalam RPJMD, maka misi Kecamatan Gandusari 2011 – 2015 ditetapkan sebagai berikut :

  1. Mewujudkan pelayanan prima melalui peningkatan kualitas aparatur serta peningkatan sarana dan prasarana pendukung pelayanan.
  2. Mewujudkan tertib penyelenggaraan administrasi pemerintahan kecamatan dan desa melalui peningkatan disiplin dan kualitas sumber daya aparatur pemerintah
  3. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam bidang pemerintahan dan pembangunan melalui pemberdayaan masyarakat dan kerjasama para penyelenggara pemerintahan di tingkat kecamatan

 

  1. TUGAS, POKOK DAN FUNGSI KECAMATAN GANDUSARI
  1. Camat

Camat memiliki tugas:

Melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah. Untuk melaksanakan tugas tersebut, Camat mempunyai fungsi sebagai berikut :

  • Pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  • Pengkoordinasian upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
  • Pengkoordinasian penerapan dan penegakan peraturan perundang – undangan;
  • Pengkoordinasian pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
  • Pengkoordinasian penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan;
  • Pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa dan / atau kelurahan;
  • Pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan / atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan desa atau kelurahan.
  1. Sekretaris Kecamatan

Sekretaris Kecamatan memiliki tugas:

Tugas dari Sekretaris Kecamatan adalah membantu Camat dalam penyelenggaraan dan pengelolaan ketatausahaan, urusan perencanaan, kepegawaian, keuangan dan urusan umum dalam lingkungan kantor kecamatan. Untuk melaksanakan tugas tersebut, Sekretaris Kecamatan mempunyai fungsi sebagai berikut :

  • Penyusunan rencana kegiatan dan program kerja kecamatan;
  • Evaluasi, pengendalian dan pelaporan terhadap pelaksanaan program kerja;
  • Penyiapan bahan dan data untuk perumusan kebijakan dan operasional pembinaan yang dilakukan oleh Camat;
  • Penyiapan bahan koordinasi Camat;
  • Pengkoordinasian dan pemberian pelayanan administrasi kepada semua unit kerja di lingkungan kantor kecamatan;
  • Pengkoordinasian anggaran keuangan belanja langsung maupun tidak langsung kecamatan;
  • Pengelolaan ketatausahaan, urusan kepegawaian, urusan keuangan, urusan umum dan rumah tangga kantor;
  • Pengumpulan, pengolahan dan pemeliharaan data serta dokumentasi;
  • Pelayanan administrasi kepada warga masyarakat;
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat.
  1. Sub Bagian Penyusunan Program dan Keuangan

Sub Bagian Penyusunan Program dan Keuangan memiliki tugas:

Menghimpun dan mengolah data dalam rangka menyusun rencana program dan perencanaan anggaran kecamatan, monitoring dan evaluasi hasil program serta mengkoordinir penyusunan laporan pertanggung jawaban atas pelaksanaan pengelolaan keuangan kecamatan. Untuk melaksanakan tugas tersebut, Sub Bagian Penyusunan Program dan Keuangan mempunyai fungsi sebagai berikut :

  • Pengumpulan bahan dan penganalisaan data guna penyusunan rencana program kegiatan dan penyusunan anggaran keuangan kecamatan;
  • Penyiapan bahan pengkoordinasian anggaran keuangan belanja langsung maupun belanja tidak langsung;
  • Penyiapan bahan penyusunan, verifikasi dan pelaporan keuangan serta pengujian pembayaran;
  • Penyiapan bahan penatausahaan kas dan urusan belanja anggaran kegiatan kebutuhan kantor;
  • Penyiapan bahan penyusunan kebutuhan operasional, verifikasi data dan dokumen keuangan serta pelaporan keuangan;
  • Penyiapan bahan pelaksanaan pengujian terhadap data dan dokumen permintaan pembayaran keuangan serta dokumen pendukung;
  • Penyiapan bahan pelaksanaan penatausahaan data dan implementasi sistem informasi, pelaporan data dan perkembangan realisasi permintaan pembayaran keuangan dan perkembangan realisasi pencairan anggaran;
  • Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi hasil program kerja kecamatan;
  • Penghimpunan dan penganalisaan data guna penyajian informasi tentang kecamatan;
  • Penganalisaan hasil pelaksanaan program kecamatan;
  • Penyiapan bahan koordinasi dan penyusunan laporan hasil program kerja kecamatan;
  • Pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Kecamatan.
  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian memiliki tugas:

Melakukan urusan surat menyurat, perlengkapan rumah tangga, memelihara barang – barang inventaris serta administrasi kepegawaian. Untuk melaksanakan tugas tersebut, Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi sebagai berikut :

  • Penyelenggaraan dan pengkoordinasian urusan administrasi kepegawaian di kecamatan dan kelurahan dalam wilayahnya;
  • Penyelenggaraan urusan rumah tangga, rapat – rapat, tamu – tamu dinas dan pelaksanaan kehumasan;
  • Penyelenggaraan urusan ketatausahaan, surat menyurat dan kearsipan;
  • Penyusunan rencana kebutuhan barang, termasuk inventarisasi barang, pengadaan, perawatan dan pemeliharaan barang perlengkapan dinas;
  • Pelaksanaan penertiban, pengamanan dan pemeliharaan kebersihan kantor dan lingkungan sekitarnya;
  • Penyusunan laporan tahunan tentang barang inventarisasi kantor;
  • Pelaksaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Kecamatan.
  1. Seksi Pemerintahan

Seksi Pemerintahan memiliki tugas :

  • Menyusun program kerja penyelenggaraan pemerintahan tingkat kecamatan dan kelurahan;
  • Melaksanakan pembinaan perangkat kelurahan;
  • Melaksanakan pembinaan dan fasilitasi administrasi pemerintahan desa dan kelurahan;
  • Melakukan kegiatan pembinaan keagrariaan dan administrasi bidang pertanahan;
  • Melaksanakan pengelolaan administrasi kependudukan, transmigrasi serta ketenagakerjaan;
  • Menyiapkan bahan, data serta kegiatan – kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilihan umum;
  • Melaksanakan fasilitasi di bidang kesatuan bangsa, organisasi sosial politik dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM);
  • Menyiapkan bahan koordinasi laporan keterangan pertanggungjawaban kepala desa dan laporan pertanggungjawaban kepala kelurahan;
  • Memfasilitasi pembentukan dan pemberdayaan Badan Perwakilan Desa (BPD) dan lembaga – lembaga lainnya;
  • Membantu penarikan dan pengumpulan pajak bumi dan bangunan, pajak daerah serta retribusi;
  • Menghimpin, mengolah, menyajikan dan memelihara data dan dokumentasi tentang potensi dan monografi kecamatan;
  • Melaksanakan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Camat.
  1. Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum

Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum memiliki tugas :

  • Menyusun rencana kegiatan dan program kerja bidang ketentraman, ketertiban masyarakat;
  • Menyiapkan bahan pembinaan dan pemeliharaan ketentraman dan ketertiban umum;
  • Melakukan pemantauan, pencatatan dan pendataan serta menyampaikan laporan kejadian tindak criminal;
  • Menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait dalam penanganan masalah ketentraman dan ketertiban masyarakat;
  • Membantu pelaksanaan penegakan hokum dan peraturan daerah;
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan Camat.
  1. Seksi Pembangunan

Seksi Pembangunan mempunyai tugas :

  • Menyusun program kerja pembangunan kecamatan;
  • Mengolah dan mempersiapkan bahan – bahan dalam rangka koordinasi, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan di wilayah kecamatan;
  • Menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan program dan proyek masuk desa dan kelurahan;
  • Menyiapkan bahan koordinasi penyusunan program, pemantauan dan pembinaan usaha pengembangan perekonomian rakyat, produksi dan distribusi;
  • Menyusun bahan pembinaan dan memberikan fasilitasi dalam upaya pengembangan usaha – usaha ekonomi desa dan lembaga perkreditan rakyat;
  • Menyusun bahan pembinaan peningkatan peran serta dan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan;
  • Menyiapkan bahan koordinasi dengan perangkat daerah tingkat kecamatan dan lembaga – lembaga swadaya masyarakat di bidang ekonomi dan pembangunan;
  • Menyiapkan bahan dalam rangka pembinaan bidang pertanian dan pengairan pedesaan;
  • Menyiapkan bahan pembinaan lingkungan hidup;
  • Memfasilitasi pemberdayaan lembaga pengelola pembangunan desa dan kelurahan;
  • Melaksanakan tugas lain yang di berikan Camat.
  1. Seksi Kesejahteraan Sosial

Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas:

  • Menyusun kegiatan dan program kerja dibidang kesejahteraan sosial;
  • Menyusun bahan koordinasi dan pembinaan bidang kesehatan, keagamaan, keluarga berencana, social budaya, olah raga dan generasi muda serta pelayanan social;
  • Menyiapkan bahan koordinasi dan pengumpulan bantuan dalam rangka memberikan pertolongan kepada masyarakat yang terkena bencana alam;
  • Menyusun bahan dan pembinaan pelaksanaan program PKK;
  • Menghimpun data sarana dan prasarana peribadatan, pendidikan agama dan lembaga keagamaan lainnya;
  • Menyiapkan bahan koordinasi kegiatan dalam rangka memperingati hari – hari besar keagamaan;
  • Menyiapkan bahan koordinasi kegiatan – kegiatan dalam upaya pengentasan kemiskinan di kecamatan;
  • Menyiapkan bahan bahan koordinasi kegiatan – kegiatan yang berkenaan dengan pembinaan dan fasilitasi terhadap penyandang masalah social;
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Camat.
  1. Seksi Perlindungan Masyarakat

Seksi Perlindunga Masyarakat mempunyai tugas:

  • Menyiapkan bahan dan penyelenggaraan penyuluhan tentang perlindungan masyarakat dan bela Negara;
  • Menyiapkan bahan koordinasi dalam penyelenggaraan penyuluhan tentang perlindungan masyarakat;
  • Melaporkan hasil pelaksanaan penyuluhan tentang perlindungan masyarakat;
  • Menyiapkan personil untuk mengikuti pendidikan suskalak, suskapin dan latsar;
  • Menyiapkan satuan – satuan tugas linmas untuk mengikuti kegiatan – kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Blitar;
  • Menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan pembinaan satuan – satuan tugas dari ormas / parpol;
  • Menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan pembinaan organisasi – organisasi bela diri dan semacamnya;
  • Mengorganisir satuan – satuan perlindungan masyarakat dalam penanggulangan bencana;
  • Menyampaikan laporan kejadian bencana alam;
  • Menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait dalam penanganan masalah perlindungan masyarakat dan HAM;
  • Menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait dalam penanganan masalah pengungsi baik akibat bencana alam maupun perang;
  • Menyiapkan data dan informasi apabila terjadi bencana alam dan pengungsian / eksodus;
  • Menyiapkan data dan informasi apabila terjadi bencana alam dan pengungsian / eksodus;
  • Mendata desa dan kelurahan yang rawan bencana dalam bentuk peta dan menentukan tempat pengungsian, evaluasi dan dapur umum;
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Camat.

Gandusari-Stru

INFO KABUPATEN
FASILITAS DAERAH
LINK BANNER
DIREKTORI ARSIP
SUB DOMAIN
Isi situs bersifat informatif bukan merupakan legal opinion dari Pemerintah Kabupaten Blitar. Apabila terdapat data elektronik based yang berbeda dengan data resmi paper,
maka yang menjadi acuan adalah data resmi paper based.
Powered by: Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blitar