Investasi

PELUANG INVESTASI

Tingkat kemajuan suatu pembangunan daerah sangat ditentukan oleh keterlibatan peran serta seluruh komponen masyarakat. Berhasil tidaknya suatu pembangunan daerah bukan menjadi tanggung jawab pemerintah semata melainkan juga menjadi tugas dan tanggung jawab masyarakat dan dunia usaha. Kondisi pelaksanaan tugas-tugas pemerintah dan pembangunan dalam nuansa otonomi daerah di era globalisasi sekarang ini, telah membuka peluang bagi pemerintah daerah guna melakukan percepatan pembangunan di segala bidang khususnya di bidang perekonomian. Strategi peningkatan perekonomian suatu daerah dengan hanya mengharapkan adanya investor untuk menanamkan modalnya tentu tidaklah cukup dengan ajakan dan himbauan semata. Kebijakan deregulasi perangkat lunak dan peningkatan kualitas pelayanan publik oleh pemerintah daerah yang didukung oleh data dan informasi yang valid dan up to date akan menjadi suatu kebutuhan terhadap kepentingan suatu investasi.

MEKANISME INVESTASI

Pelaksanaan otonomi daerah harus diakui telah memberikan peluang bagi setiap daerah untuk lebih kreatif di dalam merencanakan dan memanfaatkan potensi sumberdaya alam dan sumberdaya manusianya guna meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di daerah. Lebih-lebih dengan diberlakukannya system perdagangan bebas, siap atau tidak siap memaksa daerah harus mampu menangkap dan memanfaatkan setiap peluang yang ada. Disamping setiap peluang yang ada harus dipertimbangkan, kekuatan dan kelemahannya harus pula di perghitungkan.

Pembangunan partisipatif pada hakekatnya adalah pembangunan yang melibatkan seluruh komponen masyarakat baik pemerintah, masyarakat dan dunia usaha secara sinergis mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan maupun pada tahap pengendalian dan evaluasi.

Dengan memperhatikan kondisi kongkret di atas, pemerintah daerah dituntut untuk bertindak lebih pragmatis dalam menjamin dan menjaga pergerakan iklim investasi daerah yang sedang berjalan maupun yang akan direncanakan .Untuk itu guna menunjang dan mendukung pelaksanaan usaha investasi bagi investor yang bersedia bekerja sama dan menanamkan modalnya di Kabupaten Blitar diperlukan arah mekanisme dan prosedur usaha yang tegas dan jelas untuk lebih menjamin kelancaran dan kesinambungan usaha investasinya.

 

 

Komentar