Rapat Koordinasi Sinkronisasi Data PKH BPNT dan Data Bansos di Kabupaten Blitar

BLITAR KAB – Sinkronisasi data Bantuan Sosial (Bansos) hingga saat ini terus dilakukan tanpa henti. Hal ini terus menjadi evaluasi oleh Pemerintah Kabupaten Blitar.

Melalui rapat koordinasi sinkronisasi Data PKH BPNT dan Data Bansos lainnya bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dinas Sosial, Koordinator PKH, dan Koordinator BPNT di ruang rapat Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blitar, Kamis (25/06/2020) berharap segala permasalahan data bisa terselesaikan.

Permasalahan yang ada pada data PKH dan BPNT yang nantinya menjadi perbaikan bersama adalah data administrasi kependudukan. Saat ini baik Dinas Sosial juga seluruh pendamping PKH juga sudah bergerak untuk perbaikannya data tersebut.

Hasil rapat koordinasi siang ini dapat diambil kesepakatan bersama bahwa untuk menyandingkan Data PKH (Program Keluarga Harapan) dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) perlu adanya data yang valid melalui perbaikan NIK (Nomor Induk Kependudukan) hingga Nama penerima Bansos.

Untuk lebih efisien, efektif serta mengurangi human error dalam pengumpulan data, Dinas Kominfo Kabupaten Blitar juga bergerak menawarkan sebuah solusi berupa sistem aplikasi sebagai media pembenahan yang nantinya akan digunakan bersama oleh pendamping PKH juga petugas TKSK di masing-masing kecamatan atas data kependudukan penerima PKH dan BPNT yang bermasalah.

Harapannya adalah data penerima seluruh bansos di Kabupaten Blitar telah sesuai secara administrasi kependudukan dan komitmen bersama antara Pemkab Blitar dan Pemerintah Desa di Kabupaten Blitar dalam pemberian bansos agar lebih terarah dan tepat sasaran dapat dicapai.

Komentar