Pemkab Blitar Gelar Training of Trainers USAID JAPRI W-GDP Tahun 2020

BLITAR KAB – Pemerintah Kabupaten Blitar tahun ini kembali bekerja sama dengan USAID JAPRI (The United States Agency for International Development Jadi Pengusaha Mandiri) untuk melaksanakan program pelatihan kewirausahaan lanjutan dengan nama The United States Agency for International Development Jadi Pengusaha Mandiri Women’s Global Development and Prosperity (USAID JAPRI W-GDP), yang mana tujuan pelaksanaan program adalah memberikan pelatihan kewirausahaan kepada anak-anak muda disertai dengan muatan Gender Perspektif didalamnya. Pendanaan program ini seluruhnya berasal dari USAID.

Program USAID JAPRI W-GDP dimulai dengan menyelenggarakan kegiatan ToT (Training of Trainers), yaitu training sebagai proses pembelajaran profesional bagi pelatih yang akan memberikan pelatihan dan pendampingan serta peningkatan kapasitas untuk menyampaikan modul kewirausahaan JAPRI (JAdi Pengusaha mandiRI) kepada perempuan muda di Kabupaten Blitar.

Pelatihan ToT (Training Of Trainer) kewirausahaan dilakukan secara kombinasi online dan offline dengan tujuan bukan hanya menggeliatkan sektor ekonomi tapi sudah menjadi suatu lompatan bisnis yang menjadi pedoman para trainer untuk memberikan pelatihan kedepannya kepada para pengusaha muda di Kabupaten Blitar. Kegiatan ToT diselenggarakan dalam 2 periode, yaitu Periode I pada tanggal 21-23 September 2020 dan Periode II pada tanggal 28-30 September 2020.

Adapun peserta ToT terdiri dari 20 perwakilan komunitas di Kabupaten Blitar. ToT ini akan melibatkan peserta dalam proses pembelajaran yang komprehensif dan distributif yang akan membangun pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menyampaikan modul kewirausahaan JAPRI secara efektif pada para peserta yang akan mengikuti kegiatan JAPRI selanjutnya.

Acara TOT Program USAID JAPRI W-GDP ini dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Blitar (Ir. Suwandito), juga dihadiri secara virtual oleh Ibu Rizky Atina (Program Management Specialist USAID Indonesia) dan Ibu Jipy Pricillia (Gender Specialist USAID Indonesia).

Bappeda sebagai perangkat daerah penggagas kerjasama dengan USAID JAPRI melalui Kepala Badan, Ir. Suwandito berpesan untuk dapatnya meneruskan kerjasama yang telah dibangun mulai tahun 2018 ini dengan baik, dengan harapan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan wirausaha muda di Kabupaten Blitar dengan melakukan lompatan bisnis untuk meningkatkan ekonomi keluarganya (skala khusus). Beliau juga menekankan bahwa para trainer ini nanti diharapkan mampu mendampingi para wirausahawan Kabupaten Blitar tidak hanya menggeliat usahanya, namun juga mampu melompat kinerja usahanya. Untuk itu Bappeda berharap banyak pada calon trainer ini untuk mengikuti semua proses tahapan TOT dengan baik.

Komentar