Tinjau Peternakan Ayam dan Bebek, Pjs Bupati Blitar Optimis Potensi Peternakan Bebek Terangkat Seperti Telur Ayam

BLITAR KAB – Pjs Bupati Blitar Drs. Budi Santosa didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Blitar drh. Adi Andaka meninjau potensi peternakan ayam dan bebek disejumlah wilayah Kabupaten Blitar, Kamis (12/11/2020).

Budi Santosa menilai potensi Kabupaten Blitar luar biasa, seperti saat kunjungannya di peternakan ayam di Kecamatan Talun. Ia mengungkapkan, pola peternakan ayam menggunakan kandang sistem close house tipe baterai dapat menambah dalam produktivitas.

Menurutnya, selain nyaman untuk ayam karena suhu dapat diatur, angka kematian pada ayam juga sangat kecil serta ramah lingkungan. Berbeda dengan sistem open house atau kandang terbuka yang memiliki resiko pakan yang lebih banyak dan beresiko penyakit.

“Masih banyak ditemukan peternak yang model open, saya mengharapkan supaya produktivitas meningkat selain ada bantuan dari pemerintah dari BUMD juga dari savingnya masing-masing,” tutur Budi.

Sementara meninjau di peternak bebek, Budi Santosa optimis Kabupaten Blitar mendapatkan bantuan pemasaran dari Provinsi melalui BUMD. Ia berharap potensi bebek ini bisa terangkat hasilnya seperti telur ayam, mengingat peternakan yang dikunjunginya di Desa Bacem Kecamatan Ponggok tidak berbau dan nyaman bagi lingkungan.

Kepala Disnakkan Kabupaten Blitar drh. Adi Andaka mengatakan bebek itik di Kabupaten Blitar tidak kurang dari tiga juta ekor dan telurnya sudah merambah hingga antar pulau termasuk di Kalimantan dan Sulawesi. Dia menyebut, masing-masing peternak bebek dari Kabupaten Blitar bisa memelihara 10 ribu hingga 20 ribu ekor dengan sistem intensif yaitu di kandangkan seperti kandang dan pagar tertutup.

“Pemkab Blitar akan terus mendukung peternak bebek atau itik, upaya kami ke depan akan mengadakan pelatihan limbah bagaimana mencuci kotorannya dan baunya. Solusinya kalau itik itu sudah di kandangkan dan pakannya difermentasi bau akan minim sekali,” ungkapnya. (EM)

Komentar