Pemerintah Kabupaten Blitar

8 Perpustakaan Terima Sertifikat Akreditasi dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Blitar

Kamis, 04 Maret 2021

Blitar Kab – Bertempat di Ruang Perdana Pemkab lama, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Blitar menggelar acara Penyerahan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan Sekolah Tahun 2020 dan Pengarahan Persiapan Akreditasi Perpustakaan Tahun 2021, Kamis (04/03/2021).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Blitar Herman Widodo, SH menjelaskan, akreditasi perpustakaan sendiri merupakan salah satu pengakuan dari masyarakat bilamana lembaga perpustakaan sudah memenuhi 6 komponen sebagai dasar sertifikasi perpustakaan yang meliputi Koleksi Perpustakaan, Sarana dan Prasarana, Pelayanan, Tenaga Penyelengara, dan Pengelola serta Pengiat atau Pendukung Kegiatan.

Menurutnya, di Kabupaten Blitar terdapat delapan perpustakaan yang sudah memenuhi dan mendapatkan sertifikat akreditasi, yakni dari UPT SMPN 01 Nglegok, Cekretas UPT SMPN 03 Srengat, Sasana Kusuma UPT SMPN 01 Kesamben, Tunas Cerdas UPT SMPN 02 Wlingi, UPT SMPN 01 Kanigoro, SMAN 01 Talun dan Semangat Pustaka SMAN 01 Srengat.

“Kami berharap seluruh lembaga perpustakaan yang ada di Kabupaten Blitar baik perpustakaan sekolah maupun perpustakaan desa bisa diakui oleh lembaga akreditasi perpustakaan, sehingga kedepannya perpustakaan bisa menjadi lebih bagus dan terdaftar”, tutur Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip.

Dalam kesempatan yang sama, dilaksanakan juga penyerahan penghargaan umum yang diberikan kepada 32 perpustakaan di Kabupaten Blitar ( 3 perpustakaan desa, 12 lembaga SMP dibawah naungan Dinas Pendidikan Daerah Kabupaten, 8 lembaga MTS dan MA dibawah naungan Kementrian Agama, serta 9 lembaga SMA dibawah naungan cabang Dinas Pendidikan Provinsi.

Sebagai Informasi dalam kegiatan dihadiri langsung oleh Kepala UPT Perpustakaan Nasional Bung Karno, Drs Janti Suksmarini, MM, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur BPK Ramli, S. Pd., MM, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar diwakili Kasi Pendidikan Madrasah Drs. Hamim Tohari, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar yang diwakili Kepala Bidang Pembinaan SD, Kusnawati, SE, beserta Bapak/Ibu undangan dari Perpustakaan Sekolah maupun Perpustakaan Desa.

Visi & Misi

TERWUJUDNYA KABUPATEN BLITAR YANG MANDIRI DAN SEJAHTERA BERLANDASKAN AKHLAK MULIA. Selengkapnya

Pemerintah Kabupaten Blitar
Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Blitar
Jl. Kusuma Bangsa No. 60 Kanigoro Telp. (0342)801201 Kode Pos 66171
E-mail : kabupaten.blitar@blitarkab.go.id / Website : https://www.blitarkab.go.id