Pemerintah Kabupaten Blitar

Kini Pelayanan Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor Dilakukan Secara Elektronik

Jum'at, 18 Juni 2021

BLITAR KAB – Dinas Perhubungan Kabupaten Blitar melakukan pengujian kendaraan bermotor yang bertujuan memberikan jaminan keselamatan secara teknis terhadap penggunaan kendaraan bermotor, kereta gandengan dan kereta tempelan yang beroperasi dijalan, mewujudkan kelestarian lingkungan akibat pencemaran dari penggunaan kendaraan bermotor di jalan guna memberikan pelayanan umum kepada masyarakat.

Masing-masing kendaraan wajib melaksanakan pengujian berkala kendaraan setiap 6 bulan. Adapun kendaraan yang wajib melaksanakan pengujian berkala yaitu mobil barang, mobil penumpang umum, mobil bus dan kereta gandengan dan tempelan. Keselamatan teknis kendaraan meliputi uji emisi gas buang dan kepekatan asap, uji kesesuaian penunjuk kecepatan, uji bagian bawah kendaraan untuk menguji sistem kemudi, sistem penerus daya, sistem roda- roda dan sistem suspense, uji kelurusan roda depan uji lampu untuk menguji intensitas dan sudut, soda sisreji rem untuk menguji daya pengereman dan keseimbangan serta uji kedalaman alur ban.

Kendaraan yang lulus uji teknis akan mendapatkan bukti lulus uji elektronik yang terdiri dari Kartu Uji Pintar dan Sertifikat Lulus Uji yang berlaku selama 6 bulan dan juga sebagai pemenuhan terhadap persyaratan teknis dan laik jalan. Adapun proses tersebut terdiri dari pemeriksaan persyaratan teknis, pengujian laik jalan, yaitu pengujian menggunakan alat uji berdasarkan standar minimal / ambang batas yang ditetapkann.

Oleh sebab itu, untuk meningkatkan pelayanan pengujian berkala kendaraan bermotor Dinas perhubungan Kabupaten Blitar telah melaksanakan pelayanan pengujian berkala kendaraan bermotor secara elektronik mulai dari sistem administrasi dan pengujian teknis mulai dari administrasi dan pemeriksaan terintegrasi menggunakan sistem elektronik yang lebih cepat, efisien dan transparan dan informasi kendaraan, pelayanan dan serta dan pembayaran non tunai di bank online melalui aplikasi yang dapat diunduh di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.embarcadero.KIRKabBlitar , penyediaan anjungan pendaftaran mandiri melalui pembayaran retribusi non tunai dengan berbagai pilihan QRIS pembayaran dengan QR Code, Mbanking dan ATM Bank.

Visi & Misi

TERWUJUDNYA KABUPATEN BLITAR YANG MANDIRI DAN SEJAHTERA BERLANDASKAN AKHLAK MULIA. Selengkapnya

Pemerintah Kabupaten Blitar
Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Blitar
Jl. Kusuma Bangsa No. 60 Kanigoro Telp. (0342)801201 Kode Pos 66171
E-mail : kabupaten.blitar@blitarkab.go.id / Website : https://www.blitarkab.go.id