Pemerintah Kabupaten Blitar

Vaksin Menjadi Indikator Peningkatan Level, Sekda Izul Minta Vaksinasi Segera Dipercepat

Kamis, 07 Oktober 2021

BLITAR KAB – Satgas Covid-19 Kabupaten Blitar menggelar rapat koordinasi sinkronisasi kegiatan masyarakat dengan level PPKM di Ruang Perdana Pemkab lama, Kamis (07/10-2021).

Rapat ini guna me-refresh tugas-tugas dari Satgas Covid-19, mengingat Kabupaten Blitar masih di PPKM level 3.

Misalkan di tingkat pendidikan yang sudah berlangsung pembelajaran tatap muka, sejauh mana pembelajaran tatap muka itu dikelola dengan protokol kesehatan yang ketat. Kemudian memastikan sudah berapa anak-anak yang sudah divaksin dan apakah pariwisata boleh dibuka atau belum.

Kaitannya dengan itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Drs. Izul Marom selaku pemimpin rapat tersebut menyampaikan, vaksinasi harus segera dipercepat. Mengingat salah satu indikator peningkatan level adalah vaksin.

“Tadi dari kepolisian sudah memberikan masukan-masukan bagaimana mempercepat vaksin juga, vaksin ini menjadi indikator peningkatan level,” ungkapnya.

Selain membahas percepatan vaksinasi di masyarakat, rapat tersebut juga membahas terkait aplikasi PeduliLindungi yang mana di Kabupaten Blitar sudah ada 87 titik QR Code termasuk di seluruh OPD maupun di tempat wisata. Sekda Izul berharap QR Code segera diperluas termasuk salah satunya di sekolahan.

Pada kesempatan ini dalam upaya percepatan vaksinasi Kadis Kominfo melaporkan telah dibangun sistem informasi dimana dapat diketahui warga Kabupaten Blitar yg telah dan belum vaksin. Sistem informasi ini akan sangat membantu di wilayah karena data by name by address telah tersedia dengan menggabungkan data kependudukan dengan data vaksinasi.

Terakhir Sekda Izul berpesan agar masyarakat tidak euforia atau perasaan gembira yang berlebihan. Protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan dengan ketat. Ia juga berpesan kepada masyarakat yang belum di vaksin untuk segera melakukan vaksin.

“Bagi yang belum vaksin segera vaksin, apapun jenis vaksin itu baik sinovac maupun astrazeneca ataupun moderna dipakai aja gak masalah. Karena semua sudah dikaji sudah dilab, semua sudah dihitung penggunaannya kita semua untuk masyarakat,” pungkasnya.

Visi & Misi

TERWUJUDNYA KABUPATEN BLITAR YANG MANDIRI DAN SEJAHTERA BERLANDASKAN AKHLAK MULIA. Selengkapnya

Pemerintah Kabupaten Blitar
Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Blitar
Jl. Kusuma Bangsa No. 60 Kanigoro Telp. (0342)801201 Kode Pos 66171
E-mail : kabupaten.blitar@blitarkab.go.id / Website : https://www.blitarkab.go.id