Pemerintah Kabupaten Blitar

Tingkatkan Konektivitas Kawasan Unggulan di Kabupaten Blitar, Pembangunan Pansela Terus Dipercepat

Rabu, 24 November 2021

BLITAR KABBupati Blitar Rini Syarifah memberikan sambutan pada rapat koordinasi persiapan pelaksanaan pembangunan Pansela (Pantai Selatan) di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Rabu (24/11/2021).

Dalam sambutannya, Mak Rini menyampaikan jika pembangunan Pansela sangat diperlukan Pemerintah Kabupaten Blitar dalam rangka meningkatkan konektivitas kawasan unggulan baik sektor pariwisata, pertanian, peternakan, perikanan, maupun perdagangan dan industri.

Saat ini progress Pansela yang dalam proses pembangunan di Kabupaten Blitar lebih kurang sepanjang 22 Km yang terdiri Lot 7 Ruas Tambakrejo – Serang 12,85 Km, Ruas Molang – Bululawang 5,2 Km, dan Ruas Batas Malang – Sp. Jolosutro 3,95 Km.

Dalam perkembangannya, terdapat penyesuaian DED untuk memperbaiki trase Jalur Pansela secara geometri yang berdampak pada penambahan kebutuhan lahan yang harus dibebaskan.

“Pansela ini sudah menjadi fokus kami untuk kegiatan di pantai selatan ini infrastruktur yang harus diselesaikan paling tidak sebelum tahun 2026. Oleh karena itu, perlu sinergi dan dukungan berbagai pihak dalam rangka percepatan pembangunan Pansela di Kabupaten Blitar khususnya dan Jawa Timur umumnya,” tutur Mak Rini.

Sebagai informasi, Pembangunan Pansela di Jawa Timur dimulai dengan peletakan batu pertama pada tanggal 20 Agustus 2003 (pada waktu itu oleh Presiden Megawati) di wilayah Pantai Jolosutro Desa Ringinrejo Kecamatan Wates Kabupaten Blitar. Panjang trase Pansela yang melewati Kabupaten Blitar sepanjang 64,2 Km, yang kemudian diakukan revisi DED sehingga panjang trase menjadi 62,78 Km.

Visi & Misi

TERWUJUDNYA KABUPATEN BLITAR YANG MANDIRI DAN SEJAHTERA BERLANDASKAN AKHLAK MULIA. Selengkapnya

Pemerintah Kabupaten Blitar
Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Blitar
Jl. Kusuma Bangsa No. 60 Kanigoro Telp. (0342)801201 Kode Pos 66171
E-mail : kabupaten.blitar@blitarkab.go.id / Website : https://www.blitarkab.go.id