Industri

Sebagai pilar utama kekuatan sektor industri di Kabupaten Blitar, usaha industri kecil dan rumah tangga terutama industri gula kelapa ternyata masih tetap mampu menunjukkan kestabilan usaha dan produksinya dari waktu ke waktu. Ciri khas tradisional dalam proses produksi juga memberikan nilai tambah tersendiri dan makin diminati.

Memperhitungkan kekuatan potensi yang ada, pilihan investasi yang patut dipertimbangkan antara lain usaha yang bergerak di bidang produksi/makanan olahan yang berbahan baku gula kelapa seperti industri kecap, sambel pecel dan lain-lainnya. Permintaan pangsa pasar yang terus meningkat di tingkat nasional dan ekspor yang didukung ketersediaan bahan baku yang cukup dan berkualitas akan menjamin kestabilan usaha investasi di bidang ini.

Pilihan bidang usaha lainnya yang cukup menarik dan prospektif antara lain pengembangan industri minyak atsiri untuk memenuhi permintaan pasar ekspor mengingat Kabupaten Blitar adalah pemasok sekitar 70% kebutuhan dunia.

Demikian pula investasi di bidang industri pakan ternak, juga dapat menjadi pilihan usaha yang menarik Potensi Kabupaten Blitar di bidang peternakan ayam ras yang demikian besar seharusnya didukung oleh persediaan pakan ternak yang memadai tanpa harus bergantung pasokan dari luar.

Komentar