Pariwisata

Seiring dengan pembangunan Kawasan Selatan Jawa Timur yang sedang berjalan, wilayah Blitar Selatan yang kaya akan obyek dan daya tarik alamnya akan mendapatkan dampak langsung dari perubahan kondisi yang akan terjadi. Peningkatan kualitas prasarana jalan dan akses-akses lainnya akan berpengaruh besar terhadap kawasan Blitar Selatan.

Peningkatan fasilitas sarana dan prasarana di sekitar obyek wisata Pantai Tambakrejo, Pantai Serang, Pantai Jolosutro dan Goa Embul Tuk maupun di lokasi obyek-obyek lainnya menjadi prioritas utama untuk segera ditangani guna mengantisipasi perubahan sosial dan ekonomi yang akan terjadi di kawasan ini.

Untuk itu keterlibatan pihak dunia usaha di sektor pariwisata ini cukup memegang peranan penting. Usaha investasi di sektor pariwisata dengan membangun kawasan obyek wisata oleh pihak swasta melalui kerjasama dengan pemerintah daerah dengan pola kemitraan merupakan peluang yang menguntungkan bagi investasi jangka panjang. Mengingat sampai saat ini di hampir seluruh obyek wisata yang berada di wilayah Blitar fasilitas sarana dan prasarana penunjang yang ada belum memadai.

Penataan kawasan wisata yang lebih konseptual berdasarkan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata daerah akan lebih memberikan jaminan bagi pihak dunia usaha untuk lebih berperan aktif dalam pembangunan di sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Blitar. Pilihan usaha investasi lain yang perlu diperhitungkan adalah mengembangkan usaha yang menunjang kegiatan sektor kepariwisataan.

Industri kerajinan patut untuk dipertimbangkan sebagai lahan usaha investasi, mengingat industri ini layak dikembangkan di masing-masing obyek wisata dengan memberdayakan dan memberikan keterampilan pada masyarakat setempat. Selain membuka lapangan usaha baru dan meyerap tenaga kerja diperkirakan industri ini akan mampu memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan masyarakat pantai yang selama ini sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Disisi lain bidang perhotelan atau penginapan juga memberikan peluang bagi pihak swasta atau dunia usaha yang selama ini secara kuantitas dan kualitas sarana penginapan yang mendukung lokasi obyek wisata dapat dikatakan belum ada

Komentar