Perikanan

Ikan Koi yang dalam bahasa latinnya disebut Cyprinus carpio yang berasal dari Kabupaten Blitar telah cukup punya nama dan mendapat tempat tersendiri bagi pengemar ikan hias di pasar lokal, nasional maupun luar negeri. Dengan harapan mendapatkan keuntungan yang jauh besar, telah mendorong beberapa petani ikan di Kabupaten Blitar beralih menggeluti bisnis ikan jenis ini melihat kondisi potensi yang ada dengan trend produksi yang terus meningkat dari tahun ke tahun sudah sewajarnya bila pilihan usaha investasi diarahkan pada kegiatan budidaya ikan jenis ini.

Meningkatkan permintaan pasar dalam negeri dan luar negeri dari para penggemar jenis ikan koi asal Kabupaten Blitar, semakin memberikan prospek yang cukup baik untuk keberlanjutan usaha ikan hias di masa yang akan dating demikian pula untuk usaha ikan hias jenis lain seperti Black Molly maupun Sedaker juga memiliki potensi ke depan yang cukup menjanjikan.

Pilihan usaha investasi lain yang perlu dipertimbangkan di sub sektor perikanan adalah bergerak di bidang usaha budidaya ikan air tawar konsumsi. Peluang pasar atas meningkatnya permintaan masyarakat untuk mengkonsumsi ikan Gurami dan Lele, patut pula dipertimbangkan dalam menentukan usaha investasi.

Di samping itu bagi penanam modal yang bergerak di bidang perikanan laut, potensi kelautan Kabupaten Blitar ke depan perlu dipertimbangkan sebagai pilihan investasi usahanya. Pemerintah Kabupaten Blitar saat ini sudah merancang untuk membangun fasilitas sarana dan prasarana pendukung perikanan laut berupa Pelabuhan laut dan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di Pantai Tambakrejo Kecamatan Wonotirto dan secara bertahap juga akan di bangun di Pantai Serang di Kecamatan Panggungrejo.

Komentar