Tanaman Pangan

  • 0 Comments
  • 15 June 2012

Dengan kekuatan ekonomi yang bertumpu pada sektor pertanian, Kabupaten Blitar memiliki potensi produksi dari hasil-hasil tanaman pertanian yang cukup melimpah. Produksi tanaman pangan dan hortikultura yang meliputi padi, jagung, ubi, kayu, kedelai, kacang tanah, rambutan dan nanas dapat dijadikan pilihan investasi ke depan bagi dunia usaha.

Konsistensi produksi setiap tahun dan musim dari masing-masing komoditas tanaman yang stabil dan cenderung meningkat lebih menjamin tercapainya keuntungan dan keberlanjutan usaha investasi. Peluang investasi yang cukup terbuka dan menarik saat ini berupa pembangunan industri/pabrik pengolahan nanas maupun rambutan guna memenuhi permintaan pasar di tingkat domestik, nasional dan luar negeri.

Karakteristik buah nanas dari Blitar dianggap paling cocok sebagai bahan juice, demikian pula kualitas rambutan dari Kabupaten Blitar sangat digemari oleh masyarakat di berbagai daerah. Hasil produksi olahan buah rambutan dalam kemasan kaleng merupakan alternatif yang tepat, guna mengantisipasi melimpahnya produksi rambutan setiap panen raya dan memenuhi permintaan pasar setiap waktu, mengingat tanaman rambutan hanya berbuah pada saat musim tertentu

Disamping itu peluang lain yang juga cukup potensial untuk dikembangkan adalah investasi di bidang pembangunan pabrik tepung tapioka, mengingat potensi bahan baku produksi ubi kayu yang masih melimpah.