DATABASE TIDAK SESUAI, DISTRIBUSI E-KTP BELUM MAKSIMAL

  • 0 Comments
  • 20 June 2013

Pada tahun 2011, Mendagri menerbitkan Permendagri No. 9 Tahun 2011 tentang Pedoman Penertiban KTP Berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional yang dijadikan pedoman bagi pemerintah daerah untuk melakukan penerbitan e-KTP termasuk di dalamnya dalam proses distribusi e-KTP.
Namun, untuk Kabupaten Blitar sendiri proses pendistribusiannya masih belum maksimal. Anggo Takdir Hanuji, Kepala Bidang Pendaftaran dan Proyeksi Penduduk Dispendukcapil Kab. Blitar, menyampaikan, “Dari sekitar 620 ribu keping E-KTP yang sudah dikirim dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Kabupaten Blitar, baru sekitar 194 ribu keping E-KTP yang bisa di distribusikan ke warga, karena pada saat pendistribusian akan sekaligus dilakukan aktivasi”.
Lebih jauh, Anggo menyampaikan, sebelum dilakukan distribusi harus melalui beberapa tahap, diantaranya dilakukan pencocokan antara keping E-KTP dengan database, dan dari pusat hingga kini baru menyerahkan databae sekitar 356.727 keping. Sehingga distribusi ini belum bisa maksimal karena data base yang di kirim dari pemerintah pusat ketika di cocokan dengan kartu , banyak yang tidak di temukan.
Saat ini, Dispendukcapil Kabupaten Blitar melayangkan surat surat kepada Pemerintah Pusat terkait ketidak singkronan ini, sehingga targetnya pemerintah segera mengirimkan database ke daerah agar bisa segera di distribusikan ke warga. (IR-Dishubkominfo)