Banggakan Blitar, Nominator Oscar Livi Zheng Raih Penghargaan Lagi

Livi Zheng, sutradara yang berkali-kali masuk nominasi Oscar di Amerika adalah perempuan berprestasi dari Blitar

Blitar- Sekali lagi, Livi Zheng, sutradara asal Blitar tampil membanggakan dan penuh prestasi. Pasalnya, pada Kamis (14/03/2019) Livi Zheng menerima penghargaan sebagai Tourism Marketeers of The Year 2019 di acara WOW Brand Festive Day 2019 oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah AAGN Puspayoga.

Livi Zheng saat menerima peghargaan sebagai Tourism Marketeers of The Year 2019

Sebelumnya, pada bulan Februari Livi Zheng menemui Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla (JK) di Jakarta. JK memberi respon positif terhadap karya yang dibuat oleh Livi Zheng. Dia juga mengungkapkan bahwa film adalah salah satu sarana ampuh untuk memperkenalkan Indonesia dan keragaman budayanya di dunia internasional. Sehingga Indonesia lebih dikenal lagi dari pada sekedar Bali.

Livi Zheng bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla

Orang Asia yang Berprestasi di Amerika Serikat

Livi Zheng adalah lulusan fakultas Ekonomi dari Universitas Washington. Dia juga menguasai tiga jenis bela diri, Wushu, Taekwondo dan Karate. Sebelumnya Livi pernah membantu pembuatan film sampai akhirnya membuat film sendiri pada tahun ke lima. Untuk Pendidikan perfilman, Livi mendapatkannya di sekolah film di University of Southern California.

Pada tahun  2014, Livi Zheng pernah membuat sebuah film tentang dua imigran dengan judul “Brush with Danger” yang sempat masuk nominasi Oscar, sebuah penghargaan film bergengsi di Amerika untuk kategori Best Picture pada tahun 2015. Livi sebelumnya pernah mengalami banyak penolakan dikarenakan karyanya sempat diragukan oleh banyak orang. Di film “Brush with Danger” inilah jalan keberuntungan Livi mulai terbuka. Livi memiliki Sun and Moons film, sebuah rumah produksi yang dia dirikan sendiri dengan sepuluh orang sebagai tim didalamnya.

Trailer Brush with Danger (2014) karya Livi Zheng

Membuat Amazing Blitar untuk Tanah Kelahirannya

Pada tahun 2018, Livi membuat film dokumenter dengan durasi 4 menit yang berjudul Amazing Blitar. Film durasi pendek ini menitik beratkan pada “Triangle Diamond” atau tiga sudut pandang Berlian di Kabupaten Blitar, yang terdiri dari Pantai Serang, Perkebunan Teh Sirah Kencong, juga Candi Penataran.

Amazing Blitar: karya Livi Zheng untuk Blitar

Premier film ini ditayangkan di Los Angeles, Amerika Serikat pada Rabu (2/5/2018) yang dihadiri langsung oleh Bupati Blitar Drs. H. Rijanto. MM. Selain premiere film “Amazing Blitar”, Bupati Blitar membawa 17 orang rombongan tim kesenian yang menampilkan sejumlah tarian berupa Tari Emprak, Tarian Remo dan Tari Jaranan. Acara ini mendapatkan apresiasi yang positif dari sejumlah tamu yang hadir. Selain Bupati Blitar, juga dihadiri oleh Dino Patti Djalal dan Anis Baswedan, dimana keduanya juga memberi sambutan dan promosi yang positif di dalam sebuah video.

Dino Patti Djalal dan Anis Baswedan bersama Bupati Blitar Rijanto dan Livi Zheng

Bali: Beats of Paradise; film patriotisme ala Livi Zheng

Film Bali Beats of Paradise adalah sebuah film yang menceritakan seorang pengajar gamelan Bali I Nyoman Wenten yang tinggal di California. Dalam film tersebut juga mengangkat pesona nusantara Indonesia.

Film ini menggandeng Judith Hill, seorang pemusik asal Amerika yang pernah berkolaborasi dengan beberapa musisi internasional seperti Michael Jackson dan Stevie Wonder. Judith Hill menyanyikan lagu “Queen of the Hill” dengan latar penari Bali. Lagu ini berkolaborasi dengan gamelan Bali arahan Nyoman Wenten.

Film Bali: Beats of Paradise ditayangkan premire pada tanggal 7 November 2018 tahun lalu di Academy of Motion Picture Arts and Sciences, Samuel Goldwyn Theater, Beverly Hills, Amerika Serikat, dengan ditonton oleh 500 orang. Kemudian pada tanggal 16 November 2018 ditayangkan di bioskop AMC di Manhattan, New York dengan dihadiri 250 penonton. Setelahnya, film Bali: Beast of Paradise tayang di banyak bioskop Los Angeles juga California, Amerika Serikat.

Dalam sebuah pesan lewat aplikasi Whatsapp, Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, MM. menyampaikan rasa bahagia dan bangganya untuk Livi Zheng. Bupati Blitar mengatakan, “Alhamdulillah saya dan masyarakat Blitar Raya ikut bangga dan mengucapkan sukses untuk nanda Livi Zheng yang mendapat penghargaan sebagai Tourism Marketers of The Year 2019 di acara WOW Brand Festive Day 2019. Livi Zheng adalah sutradara film kita. Semoga menjadi inspirasi kita untuk berkarya lebih baik lagi untuk masyarakat.”

Bupati Rijanto bersama Livi Zheng dan Julia S Gouw saat di LA tahun 2018

Livi Zheng adalah satu dari perempuan berprestasi kelahiran Blitar yang ikut mengharumkan nama Blitar di kancah internasional. Sebagai sutradara asal Blitar, karyanya bisa menjadikan pemantik semangat untuk masyarakat Blitar terus berkarya dan membanggakan Blitar untuk benar-benar menjadi Amazing Blitar. [NA- Diskominfo]

*diangkat dari berbagai sumber