Ratusan Pencari Kerja Penuhi Mini Job Market Fair 2019 Kabupaten Blitar

BLITARKAB. Ratusan Pencari Kerja mendatangi Halaman Kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar, Jum’at (15/03/2019) dalam acara Mini Job Market Fair. Acara tersebut dibuka langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. Ec. Akhmad Husain, M.Si.

Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar menggelar Mini Job Market Fair dengan tujuan pengentasan kemiskinan dan penanggulangan pengangguran utamanya masalah ketenagakerjaan. Tampak dihadiri Bupati Blitar H. Rijanto, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar Haris Susianto, SH. M Si, Kepala Badan, Dinas, dan Bagian Kabupaten Blitar, Kepala Pimpinan Perusahaan, dan Kepala BKK Kabupaten Blitar.

Sambutan Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. Ec. Akhmad Husain, M.Si.

Menurut data BPS Sakernas tahun 2018 (Sensus Angkatan Kerja Nasional), jumlah angkatan kerja 638,460 orang, pengangguran 21.508 orang dan bekerja 616.952 orang dengan Tingkat Penganggura Terbuka (TPT) sebesar 3,37% (Jawa Timur  4,10%, Nasional 5,34%).

Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. Ec.Akhmad Husain, M.Si dalam sambutannya mengatakan kegiatan pameran kesempatan kerja (Job Fair) tersebut adalah kesempatan mempertemukan antara pencari kerja dengan penyedia tenaga kerja, salah satunya di halaman Kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar.

“Mini Job Market Fair ini sarana untuk menjembatani antara pencari kerja dengan pengguna kerja. Selain itu, hal tersebut dapat membantu Pemda dalam menanggulangi pengangguran melalui perluasan kerja,” tuturnya

Kesempatan kerja yang paling banyak di Kabupaten Blitar yakni sektor pertanian karena daerahnya yang agraris. Namun, hal tersebut kurang diminati oleh pencari kerja, sehingga Pemkab Blitar dalam permasalahan ini menciptakan lapangan kerja melalui program pengembangan kewirausahaan serta penyuluhan dan penyebaran informasi tentang AKL (Antar Kerja Lokal) dan AKAD (Antar Kerja Antar Negara) .

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar Haris Susianto, SH. M Si membenarkan hal tersebut yakni dengan harapan dapat memperluas informasi kesempatan memperoleh pekerjaan yang apabila telah memperoleh pekerjaan muaranya adalah dapat meningkatkan kesejahteraan dan berdampak meningkatnya pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bllitar.

“Kegiatan hari ini dibarengi dengan hujan yang deras. Semoga hujan ini membawa berkah untuk kegiatan ini terutama bagi pencari kerja. Sehingga diharapkan kegiatan ini betul-betul menjadi salah satu media untuk membantu para pencari kerja,” ungkap Haris Susianto.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Blitar H. Rijanto menyempatkan diri untuk mendatangi beberapa stand-stand perusahaan dari 25 perusahaan di wilayah Jawa Timur. Bupati Blitar H. Rijanto mengatakan Jumlah angkatan kerja semkin tahun semakin meningkat.

“Angkatan kerja kita luar biasa, mereka membutuhkan lapangan kerja dengan cara mengadakan job fair ini, sehingga lowongan-lowongan pekerjaan bisa mereka ketahui dan mereka langsung bisa komunikasi dengan penyedia kerja,” kata H. Rijanto

Bupati Blitar H. Rijanto mendatangi stand Perusahaan dalam acara Mini Job Market Fair

H. Rijanto menambahkan, tanpa adanya kerjasama dengan Dinas yang lain tentunya hal tersebut kurang maksimal, misalkan dari Disperindag, Diskop, Diskominfo, Humas protokol termasuk dari media. (EM-DISKOMINFO)