Bupati Blitar H. Rijanto Apresiasi Film Kawentar Karya Putra Daerah Blitar

BLITARKAB. Tahukah kalian bahwa ada putra daerah Blitar yang memiliki karya luar biasa dalam bidang film. Film tersebut berjudul Kawentar “Kaweroh Njeroning Blitar yang digarap oleh Sutradara muda Grantika  “Kaweruh Njeroning Blitar”. Riset dalam pembuatan film Kawentar dibutuhkan waktu 3,5 tahun loh dan 39 hari untuk produksinya. Trailer film Kawentar tanggal 15 April dan akan tayang di Bioskop CGV Blitar pada tanggal 22 April 2019 mulai pukul 09.00, 16.00 dan 19.00 WIB.

Sebelum launching triler filmnya dan tayang di Bioskop, tadi malam (13/04/2019) Bupati Blitar H. Rijanto bersama Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Blitar, Disparbudpora Kabupaten Blitar dan pemain film Kawentar menonton film tersebut. Bupati Blitar H. Rijanto mengapresiasi positif karya putra daerah tersebut.

“Saya selaku Bupati Blitar, kagum, salut, dan bangga. Memberikan apresiasi serta mendukung penuh karya putra daerah asli Blitar, menurut kami film ini sangat bagus untuk ditonton oleh semua kalangan. Film ini selanjutnya akan kita jadikan bahan pendidikan sekaligus promosi Blitar agar Blitar semakin Kawentar. Ayo tonton Kawentar, amazing Blitar,” kata Bupati Blitar usai menonton film.

Siapakah Grantika Pujianto? Grantika Pujianto merupakan pemuda asli Blitar yang berbicara lewat karya. Grantika Pujianto (Sutradara muda film KAWENTAR) yang akrab di panggil Grantika ini adalah seorang pemuda kelahiran Blitar, 11 November 1991 (27th), sering juga di kenal sebagai seorang petualang, penulis blog, youtuber, programmer, fotografi, penggiat wisata dan penikmat kopi ini menceritakan bahwa film ini adalah karya ketiga setelah tahun 2017 lalu sukses dengan film Dokumenter karyanya berjudul Manaqib Ulama Blitar (yang mengangkat sosok KH. Manshur dari kalipucung), film keduanya tahun 2018 berjudul Pusaka Kelud (menceritakan letusan gunung kelud tahun 1990).

Kecintaanya dengan Blitar begitu luar biasa, dari pengalamanya menjelajahi blitar raya dan karya tulisanya yang banyak dimuat di website pribadi dan sosmednya menjadi daya tarik tersendiri kepada wisatawan yang mau berkunjung ke Blitar, dari situ ada ide jika ini di filmkan akan lebih menarik dan akan banyak juga yang tau lebih dalam tentang Blitar.

Film ini sangat menarik sekali karena mengankat tentang situs, sejarah, budaya, kearifan lokal, tokoh-tokoh besar yang ada di Blitar seperti pendiri kerajaan Majapahit pertama yaitu Raden Wijaya yang di darmakan/perabukan di Candi Simping Sumberjati Kabupaten Blitar, lalu Bung Karno (Ir. Soekarno) Presiden Pertama Republik Indonesia dan orang-orang blitar  yang saat ini masih aktif berkarya untuk Blitar, termasuk mbah Gudel (Bambang In Mardiono) salah satu sejarawan blitar yang mengartikan kata BLITAR menjadi “Bhumi Laya Ika Tantra Adi Raja”.

90% pemain dari Blitar termasuk Jeng Kab. Blitar 2017, Duta Otoda Kab. Blitar 2017, Puteri Radar Blitar 2015 dll. Jangan lewatkan

“Melalui film ini saya bisa mendapatkan wawasan yang lebih luas tentang Blitar. Mulai peradaban Blitar dari jaman dulu hingga bisa sampai sekarang. Bukan belajar melalu media online, tetapi saya bisa mendapatkan ilmu tersebut melalui tokohnya langsung. Misalkan saja Pak Bambang In Mardiono, dan masih banyak lagi orang-orang hebat yang saya temui (ucap Afida),” ungkap Grantika

Ia berharap kepada masyarakat Blitar dan sekitarnya, khususnya Generasi Millenial untuk menyaksikan film KAWENTAR ini, karena ini adalah film asli karya dari putra daerah dan dipersembahkan khusus untuk Warga Masyarakat Blitar tercinta, kita seharusnya bangga lahir dan besar di blitar, karena blitar menyimpan banyak sejarah besar negeri ini, blitar juga menjadi daerah yang nyaman, sejuk, subur, kaya akan kearifan lokalnya dan orang-orangnya yang ramah serta santun. (EM-DISKOMINFO)