Menuju Indonesia Sehat, Dinkes Kab. Blitar Adakan Forum Germas Bersama Lintas Sektor

BLITARKAB. Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar mengadakan acara Pertemuan Forum Koordinasi Pelaksanaan Germas Bersama Lintas Sektor Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kabupaten Blitar. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan  Kabupaten Blitar dr. Kuspardani.

Untuk menuju Indonesia sehat diperlukan usaha yang maksimal dan dukungan penuh dari berbagai pihak. Untuk itu, dengan adanya peretemuan tersebut diharapkan bersama-sama berkontribusi menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat dimulai dari keluarga.

Forum tersebut menghadirkan narasumber dari Bappeda Provinsi Jawa Timur, Dinkes Provinsi Jatim dan Bappeda Kabupaten Blitar dengan diikuti dari berbagai OPD terkait.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, dr. Kuspardani mengatakan angka kematian ibu masih tinggi, masih dijumpai anak balita pendek (stunting) dan berbagai masalah gizi. Pada bidang pengendalian penyakit dihadapkan pada beban ganda yaitu penyakit menular seperti AIDS, Tuberkulosis dan Malaria yang prevalensinya masih tinggi.

“Penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes, kanker dan gangguan jiawa terus bertambah. Untuk itu kita akan membuat skala prioritas untuk mencapai Indonesia Sehat dalam kurun waktu 2015-2019 dengan berupaya menurunkan angka kematian ibu dan anak, menurunkan prevalensi balita pendek, mengurangi penyakit menular HIV-AIDS, Tuberkulosis dan Malaria serta menanggulangi penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes, obesitas, kanker dan gangguan jiwa,” tuturnya.

Salah satu program yang didorong dalam upaya pencapaian Indonesia Sehat adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Bentuk kegiatan Germas meliputi aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak menonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban. Dengan Germas diharapkan dapat membangkitkan rasa tanggung jawab bahwa sehat harus diawali dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.

“Harapan kami, setelah pertemuan ini yang sudah hadir tadi dapat mengetahui peran masing-masing dalam mensukseskan Germas di Kabupaten Blitar.  Dengan Germas kita berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif,” ungkap dr. Kuspardani (EM-DISKOMINFO).