Bupati Blitar H. Rijanto Pimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Otonomi Daerah 2019

BLITARKAB. Bupati Blitar H. Rijanto memimpin upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah di Alon-alon Kanigoro Blitar, Kamis (02/05/2019). Upacara tersebut sebagai perwujudan terima kasih kepada Ki Hajar Dewantara atas jasa-jasanya dan Otonomi Daerah dalam kemampuannya memberikan solusi untuk mendorong kemajuan daerah.

Turut Hadir Wakil Bupati Blitar Marhaenis UW, Forkopimda Kab. Blitar, Sekretaris Daerah, Staf ahli, Asisten, Kepala OPD Kab. Blitar, Kepala Bakesbangpol Kab. Blitar, Ketua KPU Kab. Blitar, Ketua Bawaslu Kab. Blitar,  PKK Kab. Blitar, Camat se Kab. Blitar dan peserta upacara dari OPD terkait, Mahasiswa serta siswa-siswi SMP dan SMA.

Bupati Blitar H. Rijanto mengatakan melalui upacara tersebut diharapkan akan memperkuat persatuan dan komitmen semua dalam mensinergikan kinerja sebagai upaya mewujudkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah, melalui peningkatan kualitas pendidikan yang memiliki karakter budaya.

Bupati Blitar juga memberikan penghargaan hadiah kepada siswa-siswi yang berprestasi. Menurutnya, peringatan Hari  Pendidikan Nasional harus dijadikan refleksi pemerintah terhadap apa yang telah diperbuat untuk memajukan pendidikan.

“Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat yakni dengan adanya revolusi industri 4.0,” tuturnya.

Dalam sambutannya H. Rijanto juga menjelaskan bagaimana peran penting otonomi daerah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan serta partisipasi aktif masyarakat. Disamping itu daerah diharapkan mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan, serta potensi keanekaragaman daerah.

Sebagaimana seiring dengan tema otonomi daerah tahun ini adalah meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Indonesia yang lebih baik melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang kreatif dan inovatif. (EM-DISKOMINFO)