Awali Proses Pilkades 2019, Pemkab Blitar Gelar Peresmian Desk Pilkades

BLITARKAB. Dalam mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak yang akan dilaksanakan pada (15/10/2019) mendatang, Pemkab Blitar mengawali proses Pilkades dengan Peresmian Desk Pilkades serentak di Wilayah Kabupaten Blitar tahun 2019, Rabu (12/06/2019) di Pendopo Ronggo Hadinegoro.

Turut hadir Bupati Blitar H. Rijanto, Forkopimda Kabupaten Blitar dan Kota Blitar, Asisten Pemerintah dan Kesra, OPD terkait serta Camat dan Muspika. Sejumlah 167 Desa yang akan mengadakan Pilkades serentak tahun 2019. Sebelumnya di Tahun 2016 ada 21 desa mengadakan Pilkades, 2018 sejumlah 31 Desa.

Dalam mewujudkan Pilkades serentak 2019 Pemkab Blitar telah membentuk panitia Pilkades atau yang disebut Desk Pilkades yang terdiri dari Forkopimda, Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala OPD Kabupaten Blitar terkait serta Camat dan Muspika di Wilayah Kabupaten Bliatr.

Desk Pilkades yang sudah terbentuk harus menguasai aturan-aturan yang ada, setelah menguasai mengadakan Bimbingan Teknik di Wilayah masing-masing. Usai peresmian Desk Pilkades selanjutnya akan dilaksanakan sosialisasi untuk seluruh Desa dan Kelurahan yang mengadakan Pilkades 2019.

Dalam mendukung Pilkades 2019, Bupati Blitar H. Rijanto juga memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan untuk mendorong Puskesmas-Puskesmas terkait tenaga medis.

“Nantinya setiap Desa yang akan mengadakan Pilkades untuk didukung P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan). Ini merupakan hak masyarakat untuk memilih pemimpinnya, demokrasi Pilkades ini sangat luar biasa. Tentunya partisipasi akan lebih bagus dibanding pilihan-pilhan yang lain, namanya masyarakat ingin betul-betul memilih pemimpinnya langsung yaitu Kepala Desa.” Tuturnya.

Harapannya dengan adanya Pemilihan Kepala Desa Serentak Kabupaten Blitar Tahun 2019 dapat berjalan dengan lancar, demokratis dan menghasilkan pemimpin Pemerintah Desa yang berkualitas. (EM-DISKOMINFO)