Di Hari Jadi Blitar ke- 695, Bupati : Momentum Gaungkan Hurub Hambangun Praja untuk Geliatkan Ekonomi Daerah

BLITAR KAB – Senin (05/08/2019), pada puncak peringatan Hari Jadi Blitar ke- 695, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar merayakan Pisowanan Agung, yang diawali kirab Hurub Hambangun Praja dari Pendopo Sasana Adhi Praja Kanigoro, menuju Pendopo Ronggo Hadinegoro Pemkab Blitar.

Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto, M.M. menjelaskan, kirab Hurub Hambangun Praja yang dilakukan pada Hari Jadi Blitar itu memiliki pesan, jika peringatan Hari Jadi Blitar sebagai gambaran sebuah pembangunan daerah yang dilandasi semangat kebersamaan yang besar dari seluruh elemen kerakyatan di Kabupaten Blitar, menuju Kabupaten Blitar yang semakin unggul dan berdaya saing.

Penyerahan panji Kirab Hambangun Praja di Pendopo Ronggo Hadinegoro

Kemudian, sambung dia, tahun-tahun mendatang, Pemkab Blitar akan menjadikan peringatan dan perayaan Hari Jadi Kabupaten Blitar yang identik dengan pelaksanaan ritual kirab Hurub Hambangun Praja itu, menjadi wahana atau kesempatan yang bisa dinikmati seluruh masyarakat Blitar dan sekitarnya.

Disisi lain, perayaan itu kedepan juga disinyalir berpotensi membantu perekonomian daerah melalui kemasan edukasi wisata.

Peserta Hurub Hambangun Praja

“Maksud diadakan kirab, biar masyarakat Blitar tahu persis bahwa 5 Agustus adalah hari jadi Kabupaten Blitar. Sekaligus menggaungkan Hurub Hambangun Praja kepada seluruh lapisan masyarakat Blitar, dimana itu sesantinya Blitar. Membangun daerah yang menggelora semangat yang agung. Sekaligus dengan adanya kirab ini, momentum untuk meningkatkan ekonomi rakyat,” terang Rijanto.

Menurut dia, Kirab Hurub Hambangun Praja tersebut dinilainya diikuti perwakilan seluruh Kecamatan di Kabupaten Blitar. Kemudian setiap perwakilan kecamatan, juga mengeluarkan produk unggulan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di peringatan Hari Jadi Kabupaten Blitar.

“Harapan kita kedepan Blitar semakin kompak, semangat membangun daerah Kabupaten Blitar yang semakin baik,” tukas Bupati, dalam acara yang dihadiri jajaran Forkompimda, OPD, hingga satuan kerja tingkat kelurahan se Kabupaten Blitar.