Pemkab Blitar Optimis Raih Swasti Saba Wistara Pada Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Nasional Tahun 2019

BLITAR KAB – Pemerintah Kabupaten Blitar menyambut Kedatangan Tim Verifikasi Kabupaten/Kota sehat Tingkat Nasional Tahun 2019 di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Selasa (03/09/2019). Kegiatan tersebut mengambil tema ‘Dengan Blitar Simpati Kita Wujudkan Kabupaten Blitar Sehat’.

Bupati Blitar, Drs. H. Rijanto, MM mengatakan dengan upaya yang keras dan kerja sama yang baik dari  tim pembina dan Forum Kabupaten Blitar Sehat, pada tahun 2015 Kabupaten Blitar berhasil meraih Swasti Saba Padaba dan di tahun 2017 berhasil meraih Swasti Saba Wiwerda.

Sambutan Bupati Blitar pada Kabupaten/Kota sehat Tingkat Nasional Tahun 2019 di Pendopo Ronggo Hadinegoro

Bupati berharap pada 2019 ini bisa meraih Swasti Saba Wistara. Pihaknya akan terus mengevaluasi dan menggencarkan baik dari bidang pendidikan maupun kesehatan.

“Saya optimis tahun ini Kabupaten Blitar akan mencapai tataran yang kita harapkan yakni Swasti Saba Wistara. Karena kalau kita melihat perkembangan partisipasi masyarakat di Blitar ini sangat luar biasa, sangat bagus sekali,” kata Rijanto pada sambutannya.

Lebih lanjut dikatakannya, membangun  masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan memang dibutuhkan kerja sama yang baik dan kerja keras.

Sementara itu, tim penilai dari Kementerian kesehatan, Tri Sapta Ningsih mengatakan program tersebut tidak hanya kegiatan pemerintah daerah, tetapi juga melibatkan semua unsur masyarakat.

Dia menjelaskan bahwa Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat tujuan akhirnya bukan penghargaan tetapi supaya terjalin hubungan kemitraan Pemda dengan masyarakat dalam pembangunan.

Usai sambutan dari Tim verifikasi, dilanjutkan penilaian lapangan yang dibagi menjadi dua tim yakni melihat Sekretariat Tetap (Sektap) dan di Desa Tawangrejo, Kecamatan Binangun untuk melihat Badher Bank. Rencananya, Tim Verfikasi akan tinggal di Blitar selama dua hari yakni pada hari ini (03/09/2019) dan besok Rabu (04/09/2019).