Siaga Bencana, Pemkab Blitar Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

BLITAR KAB – Berlangsungnya musim penghujan disertai cuaca yang ekstrem saat ini, menjadi atensi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

Hal ini disampaikan Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, MM saat memimpin Apel Bersama Siaga Bencana yang digelar di Aloon-aloon Kanigoro Pemkab Blitar, Rabu (08/01/2020).

“Di cuaca yang ekstrem seperti sekarang ini tentu pemerintah bersama masyarakat berkonsolidasi sebagai bentuk kesiapsiagaan jika terjadi bencana. Wilayah kita termasuk daerah rawan bencana mulai banjir, longsor, tanah amblas, dan angin puting beliung. Untuk itu perlu ditingkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana,” tutur Rijanto.

Oleh karena itu, sambung dia, Pemkab Blitar juga menyiagakan sejumlah peralatan untuk menghadapi bencana alam. Sejumlah peralatan itu, perahu karet, peralatan dapur umum, kendaraan evakuasi, dan alat berat.

Rijanto menerangkan, wilayah Kabupaten Blitar bagian selatan rawan terjadi banjir, wilayah Kabupaten Blitar bagian utara rawan terjadi longsor, dan wilayah kabupaten Blitar bagian barat rawan terjadi angin puting beliung.

Terakhir, dia juga mengingatkan masyarakat apabila terjadi tanda bahaya supaya segera mencari tempat untuk mengamankan diri. Masyarakat disarankan segera malapor ke posko baik di tingkat desa, kecamatan, maupun kabupaten.

Sekadar informasi lebih lanjut, pada kegiatan apel ini, diikuti perwakilan dari TNI, Polri, BPBD, dan relawan. Sementara Bupati Rijanto bertindak memimpin kegiatan apel.