Pemkab Blitar Hadiri Launching e-TLE di Polda Jatim

BLITAR KAB – Kamis (16/01/2020), Pemerintah Kabupaten Blitar menghadiri Launching e- TLE (elektronic Traffic Law Enforcement) di Gedung Mahameru Polda Jatim.

E-TLE merupakan sistem penegakan hukum dibidang lalu lintas dengan menggunakan sistem elektronik melalui teknologi CCTV dengan output dapat dijadikan barang bukti hukum, mengurangi angka kecelakaan, dan meningkatkan kualitas ketaatan lalu lintas masyarakat.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Drs. Luki Hermawan, M.Si. dalam sambutannya mengatakan, Jawa Timur merupakan pilot project e-TLE di Indonesia dan diharapkan semua wilayah di Jatim secara serentak untuk bisa menerapkan e-TLE.

“Harapannya penerapan e-TLE ini mampu meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah), mengurangi angka kecelakaan, dan menertibkan lalu lintas yang akan berlaku 24 jam,” katanya.

Inovasi tersebut mendapatkan apresiasi baik dari Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Brigjen Pol Istiono yang diberikan kepada Kapolda Jatim, staf serta semua yang telah mendukung.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menyampaikan, di Surabaya juga telah tersedia kamera ditiap 15 meter dengan kecepatan 400km/jam dan keamanan 80k/jam. Ia memperjelas kamera tersebut bukan hanya fokus ke wajah tapi hingga gerak gerik dan terkoneksi dengan data kependudukan seluruh Indonesia.

“Seluruh bangunan gedung ada kamera. Tentunya untuk lalu lintas dan keamanan,” ungkapnya.

Sebagai informasi, acara tersebut juga dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. Ec. Akhmad Husain, M.Si, Kepala Dishub Kabupaten Blitar, Toha Mashuri, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Blitar, Eko Susanto, Kapolres Blitar serta Kapolres Blitar Kota.

Komentar