Ranwal RKPD 2021, Pemkab Blitar Siapkan Tiga Agenda Prioritas Pembangunan

BLITAR KAB – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar menetapkan tiga agenda prioritas pembangunan daerah di tahun 2021 mendatang.

Penetapan tiga agenda prioritas pembangunan daerah itu disampaikan melalui forum ‘Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Ranwal RKPD) Tahun 2021’ yang digelar di kantor Bupati Blitar, Jumat (31/01/2020).

Ketiga hajat besar Pemkab Blitar tersebut yakni, Pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) serta penanggulangan kemiskinan dan pengangguran. Kedua, pemenuhan dan peningkatan infrastruktur daerah. Terakhir, penguatan daya saing ekonomi pada sektor unggulan dan potensial.

“Ketiga agenda prioritas ini nantinya akan dijabarkan kedalam program-program kerja prioritas. Di era digitalisasi sekarang kami juga sudah menyiapkan informasi secara elektronik, ada e-Pradah, e-Musrenbang, SIEVA RKPD, e-Budgeting, SIRUP Lokal, hingga e-Pokir. Ini semua bukti bagaimana kami memudahkan akses masyarakat terlayani dengan pelayanan yang kami bangun,” jelas Wakil Bupati Blitar Marhaenis Urip Widodo saat memberikan sambutan di acara Konsultasi Publik Ranwal RKPD Kabupaten Blitar Tahun 2021.

Marhaenis menambahkan, untuk mensukseskan agenda itu tahun depan, dia berharap kepada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Blitar untuk merespon cepat hasil Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) di setiap kecamatan.

Lalu, Wabup Marhaenis meminta kreativitas dan inovasi lokal dimunculkan dan mengurangi kegiatan yang bersifat monoton dan kurang jelas outputnya. Perihal hasil reses dari anggota DPRD Kabupaten Blitar, dia meminta OPD segera memasukkan kedalam e-POKIR supaya segera ada tindak lanjut.

“Semoga dokumen Ranwal RKPD hasil sumbangsih pemikiran kita bersama ini nanti dapat membawa perubahan pembangunan kabupaten Blitar yang semakin maju, adil, damai dan berdaya saing,” tandasnya.

Diketahui, pada acara ini selain dihadiri Wabup Marhaenis, juga dihadiri oleh seluruh kepala OPD Pemkab Blitar, Camat, Lurah dan Kepala Desa se- kabupaten Blitar.

Komentar