RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Siap Tangani Kasus Virus Corona

BLITAR KAB – Senin 03/02/20 Bersamaan dengan turunnya himbauan dari Kementrian Kesehatan RI terhadap virus jenis baru yaitu Novel Coronavirus atau biasa disebuat Virus Corona, RSUD Ngudi Waluyo sudah sangat siap dari segi prasarana dan juga Sumber Daya Manusia (SDM).

Meskipun virus corona belum terdeteksi di wilayah Kabupaten Blitar, pihak RSUD Ngudi Waluyo Wlingi sudah melakukan kesiapan secara maksimal. Untuk prasarana, Rumah Sakit menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) yang merupakan alat prosedur keamanan untuk petugas medis agar tidak berkontak fisik langsung dengan pasien yang terdeteksi corona.

Direktur RSUD Ngudi Waluyo Dr.Endah Woro Utami. MMRS menjelaskan, tenaga medis yang nantinya akan membantu penanganan virus corona yaitu diantaranya adalah Dr. Didik spesialis paru-paru sebagai ketua tim, spesialis anak, anastesi, professional laboratorium dan lain lainya.  Dengan kesiapannya Rumah Sakit Wlingi sudah menyiapkan 13 ruang isolasi yakni, 1 bertempat di Unit Gawat Darurat (UGD), 8 bertempat di ruang jantung dan peru-paru, 2 bertempat di Intensive Care Unit (ICU), dan 2 bertempat di ruang anak.

Masyarakat diharapkan untuk tidak panik namun juga harus siaga dan cepat melaporkan apabila mendapati gejala yang menyerupai virus corona seperti demam tinggi, batuk kering dan juga disertai sesak nafas. Terdapat reverensi keilmuan yang menyatakan bawasanya karakter virus corona adalah kecenderungan pada wilayah yang bukan tropis, sedangkan di Indosesia sendiri merupakan wilayah tropis yang mana sangat kecil kemungkinannya untuk virus corona menyebar ke wilayah kita” tutur Dr. Endah Woro. (sin)

Komentar