Bupati Blitar Hadiri Peresmian Lumbung Pangan Mandiri, Lantai Jemur dan Rice Milling Unit di Desa Besuki

BLITAR KAB – Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, MM meresmikan Lumbung Pangan Mandiri, Lantai Jemur dan Rice Milling Unit di Desa Besuk, Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, Kamis (13/02/2020).

Peresmian fasilitasi produksi pertanian itu kolaborasi kelompok tani Makmur Mandiri bersama Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Blitar.

Bupati Rijanto menuturkan, peresmian sejumlah sarana pertanian itu merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan produksi pertanian, khususnya komoditas pangan seperti padi, jagung dan kedelai.

“Jadi ini upaya pemerintah untuk bagaimana pertanian di daerah kita terus bisa menggeliat dengan baik. Potensi kita tanaman pangan kita adalah padi selain kedelai dan jagung,” tuturnya.

Dijelaskannya, prestasi kabupaten Blitar dalam hal kualitas produksi hasil pertanian pada komoditas pangan diketahui selalu melebihi stok permintaan pasar. Untuk itu, agar kualitas komoditas pangan tersimpan dengan baik, Pemkab Blitar membangun Lumbung Pangan.

“Disinilah pertama kali kita resmikan di Desa Besuki yaitu bangunan lumbung pangan. Harapan kita, akan membantu memberi semangat kepada petani dalam mengolah pertaniannya, tentunya dengan adanya lumbung, disamping menyemangati juga bisa menstabilkan harga beras,” jelasnya.

Realitas itu, katanya, menjadi momen yang tepat bagi petani untuk memainkan peran harga pangan di pasaran dan penyuplaian permintaan kebutuhan pangan secara maksimal.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Blitar, Wawan, mengakui jika kabupaten Blitar merupakan daerah agraris yang menjanjikan. Optimalisasi produksi pertanian menjadi keharusan. Oleh karena itu, intensifikasi pendampingan pengelolaan pertanian terhadap kelompok tani bakal dilakukan.

“Saya juga berharap untuk petani tidak menjual hasil pertaniannya kepada tengkulak. Salurkan ke koperasi pasar, supaya petani dan masyarakat secara umumnya sejahtera,” pungkasnya.

Komentar