BPBD Gelar Gladi dan Temu Relawan Tanggap Bencana

Blitar Kab – Kamis (12/03/2020) Badan Penanggulangaj Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar mengadakan Gladi dan Temu Relawan Kabupaten Blitar di Bumi Perkemahan Kampung Wisata Ekologis (KWE) Puspa Jagad, Desa Semen, Kecamatan Gandusari.

Acara dihadiri oleh para relawan Kabupaten Blitar. Turut hadir Bupati Blitar, Wakil Bupati Blitar beserta Forkopimda Kabupaten Blitar, Kapolres Kabupaten Blitar dan Dandim 0808 Blitar.

Acara dibuka langsung oleh Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Achmad Cholik. Tujuan Gladi dan Temu Relawan ini adalah menjadi tempat bertemunya antar komunitas relawan, meningkatkan koordinasi antar relawan, dan meningkatkan kesiapsiagaan tanggap bencana.

“Yang penting adalah kebersamaan, kalau tidak kompak tidak mungkin bisa mengatasi bencana alam. Bencana alam pasti ada korban jiwa, tugas kita ya meminimalisir jumlah korban”, tutur Bupati Blitar.

Bupati Blitar juga menegaskan, antara relawan, TNI, Polri untuk saling berkoordinasi dan bekerjasama membuat rencana yang baik untuk mengurangi resiko bencana.

Dalam acara ini juga diadakan dialog terbuka antara Bupati Blitar dengan relawan. Hal ini diharapkan agar Bupati Blitar bisa memberi arahan yang jelas terkait sistem kerja di lapangan ketika terjadi bencana. Para relawan juga diharapkan tidak hanya hadir ketika bencana terjadi tetapi juga peduli untuk melakukan pencegahan terjadinya bencana.

 

Komentar