Pemkab Blitar Kembali Gelar Aksi Penyemprotan Disinfektan

BLITAR KAB – Pemerintah Kabupaten Blitar kembali melakukan penyemprotan disinfektan antisipasi Covid-19 disejumlah tempat umum, tempat ibadah, lembaga sekolah dan Pondok Pesantren di Kabupaten Blitar, Jum’at (20/03/2020).

Didampingi Asiten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Pemkab Blitar, Kapolres Blitar serta Kepala OPD terkait, Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, MM memimpin jalannya kegiatan.

Kegiatan diawali dengan apel dan pembagian tugas penyemprotan disinfektan yang dilakukan tim dari Dinas Kesehatan, Yonif 511, BPBD, Dinas Peternakan dan Perikanan, serta Dinas Pertanian dan Pangan kabupaten Blitar.

Pemkab Blitar juga sudah berupaya semaksimal mungkin, termasuk dari kemarin hingga saat ini serentak melakukan penyemprotan disinfektan.

Pada kesempatan itu, Bupati Blitar mengajak masyarakat untuk mengikuti perkembangan virus Covid-19, serta bersama-sama memerangi Virus Corona.

“Kita sudah memerintahkan, Kapolres dan Dandim kepada jajaran kita yang ada dibawah. Muspika bergerak bersama kebawah Kepala Desa, Babinsa, Babinsatibmas untuk melaksanakan penyemprotan ke tempat-tempat umum dan ibadah,” ungkap Bupati Rijanto.

Bupati Rijanto menyampaikan, jika tidak ada obat dari Dinkes, Pihaknya menyarankan untuk menggunakan dari bahan campuran Bayclin dan air tawar.

“Justru malah ada yang memberi informasi dari Pak Kyai Agus Muadzin untuk menggunakan tembakau. Tembakau itu dibakar atau serabut kelapa dibakar juga bisa. Jadi semua upaya harus kita lakukan,” tuturnya.

Dia memberikan pesan agar masyarakat senantiasa menaati himbauan yang diberikan oleh Presiden RI, Gubernur, Bupati maupun Forpimda.

Sebagai saran dan informasi, sebaiknya melakukan social distancing atau mengurangi kontak langsung dengan orang lain, misalkan jaga jarak paling sedikit satu meter, mengurangi perkumpulan dengan banyak orang, berjabat tangan diganti dengan salam corona menggunakan siku, sering cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, makan-makanan yang seimbang dan bergizi, rutin olahraga serta istirahat yang cukup.

“Pemerintah Serius, Siap dan Mampu Menangani Covid-19”
“Masyarakat Tetap Tenang dan Waspada”
“COVID-19 Bisa Sembuh”
#LAWANCOVID19

Komentar