Bupati Blitar Kunjungi UMKM, Pantau Kondisi Ekonomi Ditengah Covid-19

BLITAR KAB – Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, MM dijadwalkan mengunjungi sentra UMKM di Kabupaten Blitar, Jumat (03/04/2020).

Turut mendampingi kunjungan kerja Bupati Rijanto, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Blitar, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, serta jajaran OPD lainnya.

Bupati Rijanto mengunjungi tempat UMKM seperti Cookies Kalimasada, Kampung UMKM Rumah Jenang, Kampung UMKM Pernik-pernik dan di Kampung Cokelat.

Menurut Bupati Rijanto, kunjungannya ke tempat UMKM itu untuk melihat kondisi perekonomian perusahaan akibat dampak penyebaran virus Corona.

“Jadi kita melihat langsung dampak Covid-19 terhadap perekonomian di daerah kita. Nampak sekali dampak ke ekonominya. Misalnya tadi di Kalimasada, stok yang sudah selesai siap kirim roti-roti itu ada dua gudang senilai lima milyar, sementara yang proses packing dua milyar. Ini kota-kota yang setiap tahun menerima, membatalkan semua. Berarti dampaknya luar biasa,” jelasnya.

Bupati Blitar mengatakan, UMKM Kalimasada dan Rumah Jenang mengalami pelemahan ekonomi akibat banyaknya pesanan produksi yang dibatalkan. Namun, untuk UMKM Pernik-pernik alih usaha membuat masker, yang semula memproduksi aksesoris.

Meski seperti itu, Bupati Rijanto mengajak para pelaku usaha UMKM tetap optimis menuai solusi terbaik untuk menjaga stabilitas ekonomi usaha disaat ancaman Covid-19 terhadap perekonomian sangat signifikan. Itu bisa dilakukan, melalui kedisiplinan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.

Komentar