Pemkab Blitar Gelar Rapid Test Covid-19 di Pasar Kanigoro

BLITAR KAB – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menyelenggarakan rapid test Covid-19 di Pasar Kanigoro, Kamis (11/06/2020).

Rapid test itu diperuntukkan bagi sejumlah pedagang sekaligus pembeli yang paling banyak kerumunan, dalam artian lapak pedagang yang banyak dikunjungi orang. Pemerintah mentargetkan 40 hingga 50 orang yang dilakukan rapid test.

“Tujuan dilakukan rapid test ini untuk melihat sejauh mana penyebaran Virus Corona di masyarakat dan bagaimana memantau terdampak virus atau tidak,” kata Sujiarto, Ka.TU Puskesmas Kanigoro.

Kegiatan ini, diakuinya sebagai langkah awal mendeteksi seseorang yang positif terjangkit Covid-19. Jika setelah dilakukan rapid test hasilnya reaktif, maka petugas akan menindaklanjuti secara medis kepada mereka untuk dilanjutkan ke tahap tes swab agar diketahui positif terkena Covid-19 atau tidak.

Sujiarto berharap, masyarakat meningkatkan kedisiplinan menerapkan protokoler kesehatan. Sosial maupun Physical Distancing, rajin cuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir sebelum dan sesudah aktivitas, pakai masker, pola hidup bersih dan sehat, serta rajin berolahraga.

Komentar