Ketua KPU Kabupaten Blitar Lantik Anggota PPS untuk Pilkada Serentak Tahun 2020

BLITAR KAB – Ketua KPU Kabupaten Blitar Hadi Santosa melantik Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten Blitar untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Blitar tahun 2020 di ruang Perdana kantor Pemkab Blitar lama, Senin (15/06/2020).

Disaksikan Bupati Blitar Drs. H. Rijanto,MM, Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto, Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela, dan Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Hakam, Hadi Santosa mengambil sumpah dan melantik seluruh anggota PPS Kabupaten Blitar.

“Dengan mempertimbangan situasi yang ada sesuai surat keputusan, hal-hal yang perlu diperhatikan yakni, harus melaksanakan tugas dengan baik sesuai peraturan yang berlaku. Harus memastikkan hak konstitusi warga masyarakat semua terpenuhi. Seluruh pelaksanaan pemungutan sesuai protokol kesehatan. Kemudian lakukan koordinasi yang baik dengan stakeholder, kepala desa, dan petugas keamanan,” jelasnya seusai mengambil sumpah dan melantik anggota PPS.

Sementara melalui sambutannya, Bupati Rijanto menekankan pentingnya menjalankan setiap tugas pelaksanaan pemilihan berdasarkan peraturan yang berlaku, secara profesional dan mengedepankan netralitas tugas profesi.

Selain hal itu, Bupati Rijanto juga berpesan kepada petugas PPS, umumnya kepada stakeholder penyelenggara pemilihan untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan di setiap proses tahapan pelaksanaan pemilihan. Hal ini menjadi atensinya, mengingat pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blitar tahun 2020 berjalan disaat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung walau Kabupaten Blitar bakal memasuki masa tatanan kehidupan baru atau New Normal Life.

“Saya berpesan untuk bekerja secara profesional, mentaati aturan yang harus dilakukan, dan berlaku netral. Semoga sampai tahapan selesai teman-teman melakukan protokol kesehatan.
Hal itu penting, karena semua ini pada kondisi pada pandemi Corona, semua harus kita sadari bersama. Semua harus melakukan disiplin protokol kesehatan, kalau semua sampai KPPS melaksnaakan disiplin protokol kesehatan, akan menghasilkan yang terbaik untuk bangsa dan negera terutama masyarakat Kabupaten Blitar,” terang Bupati Rijanto.

Sekadar informasi, prosesi pelantikan PPS di ruang Perdana kantor Pemkab Blitar yang lama itu diikuti lima perwakilan anggota PPS. Sementara anggota PPS lainnya mengikuti prosesi pelantikan melalui daring video conference dari masing-masing wilayah peserta pelantikan berada. Total ada 774 anggota PPS yang mengikuti pelantikan tersebut di seluruh Kabupaten Blitar.

Komentar