Hadapi New Normal Life, Kini Pemkab Blitar Siap Bentuk Posyandu Tangguh Semeru dengan Tiga Kriteria

BLITAR KAB – Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar menggelar acara Webinar ‘Peningkatan Kapasitas Kader Kesehatan Dimasa Pandemi Covid-19’ dengan diikuti sebanyak 16.000 Kader Kesehatan yang dipusatkan di Pendopo Ronggo Hadinegoro melalui daring, Kamis (02/07/2020).

Acara yang membahas banyak hal tentang pelayanan posyandu ini menghadirkan narasumber Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, MM dan narasumber yang berkompeten di bidangnya yakni drg. Vitria Dewi, M.Si Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur yang memberikan informasi secara daring. Turut hadir mendampingi Bupati, Wakil Bupati Blitar Marhaenis UW, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar serta Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Blitar.

Bupati Rijanto mengatakan, webinar ini arahnya nanti untuk membentuk Posyandu Tangguh Semeru yang siap menghadapi New Normal Life.

Menurut Bupati, untuk membentuk Posyandu Tangguh Semeru ada tiga kriteria yang perlu disiapkan yakni sarana prasarana, SDM (Sumber Daya Manusia) para Kader Kesehatan, dan mekanisme kerja di Posyandu.

“Di posyandu alat-alat tidak harus yang modern, jika posyandu di dalamnya menerapkan protokol kesehatan APD dengan sederhana tapi sudah memenuhi standart kesehatan itu sudah bagus,” jelas Bupati Rijanto.

Mengenai SDM yang mumpuni, menurut Bupati perlu pelatihan seperti webinar ini. Menurutnya, webinar semacam ini bagus untuk pengetahuan para Kader Kesehatan sehingga mampu menambah wawasan mekanisme kerja di posyandu.

Bupati berpesan kepada para Kader Kesehatan untuk senantiasa semangat dan berjuang bersama-sama menghadapi Covid-19. Ia menyebut Kader Kesehatan adalah bekerja keras dan mengabdi secara ikhlas untuk membantu Pemerintah agar bagaimana masyarakat memiliki derajat kesehatan yang lebih baik.

Komentar