Bahayanya Stunting pada Anak, Pjs Bupati Blitar Ajak Masyarakat Ikut Andil Melakukan Pencegahan

BLITAR KAB – Pencegahan stunting pada anak hingga saat ini terus menjadi tugas bersama, baik peran pemerintah maupun masyarakat perlu ikut andil dalam permasalahan ini.

Usai mengikuti Webinar mengenai percepatan pencegahan stunting dengan pusat di Ruang Transit Kantor Bupati Blitar pada Rabu (21/10/2020), Pjs Bupati Blitar Budi Santosa mengatakan banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya stunting salah satunya kekurangan gizi kronis pada anak.

Budi Santosa menyampaikan, pencegahan stunting dapat dilakukan salah satunya dengan cara memenuhi kebutuhan gizi pada ibu hamil dan balita.

Untuk itu pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan kunjungan atau sosialisasi kepada masyarakat untuk turut andil dalam mencegah terjadinya stunting pada anak. Pendekatan ini diperlukan agar pertumbuhan stunting di Kabupaten Blitar dapat ditekan seminimal mungkin.

Sebagai informasi, stunting atau sering disebut kerdil adalah kondisi gagal tumbuh pada anak usia di bawah lima tahun (balita) akibat kekurangan gizi kronis, infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tidak memadai terutama dalam 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), yaitu dari janin hingga anak berusia 23 bulan.

Komentar