Diskopum Laksanakan Kurasi Produk UMKM Bersama Bank Indonesia Kediri

BLITAR KAB – Selasa (27/10/2020) Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopum) Kabupaten Blitar mengadakan Kurasi Pertama Produk UMKM Kabupaten Blitar oleh Bank Indonesia Kediri yang dilaksanakan di Ruang Candi Penataran Lantai 3, Kantor Kabupaten Blitar. Acara ini merupakan tindaklanjut surat dari Bank Indonesia terkait UMKM Virtual Expo 2020 Wilayah Blitar.

Terdapat 86 produk UMKM yang akan dikurasi seperti makanan, pakaian, aksesories, batik, maupun kerajinan. Tujuannya adalah untuk mencari, memilih dan menilai produk-produk UMKM untuk dipromosikan. Nantinya, produk tersebut akan diikutan pameran virtual expo yang akan dilaksanakan 26 – 28 November. Produk UMKM yang terpilih harus memiliki standar perijinan maupun legalitas seperti produk pangan yang memiliki label BPOM.

Kepala Diskopum, Ir. Ulfie Zulfiqar Z, MM mengatakan bahwa kurasi yang kedua nantinya untuk memilih produk UMKM yang layak diekspor. Pemkab Blitar juga mendapat fasilitas dari tim kurasi Bank Indonesia Kediri terkait fasilitas ekspor yang dibantu oleh Diaspora.

Beliau juga menambahkan, “Harapan dari kurasi ini adalah agar produk-produk UMKM memiliki legalitas dan apabila bisa diekspor sudah memiliki standar internasional. Dari kurasi ini, kita kan jadi tau produk mereka kurangnya dimana, jadi bisa dibenahi. Tidak hanya itu, kita juga membantu dalam pengembangan produk, kualitas dan kuantitasnya”. Hal ini telah bersinergi dengan usaha TPID Kabupaten Blitar dalam pengendalian angka inflasi dan membangkitkan UMKM go internasional.

Komentar