Tiga Kecamatan di Kabupaten Blitar Terima Penghargaan Kampung Pembakti Pancasila dari BPIP

BLITAR KAB – Pemerintah Kabupaten Blitar menerima kunjungan sekaligus penghargaan Kampung Pembakti Pancasila dari Wakil Kepala BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) Republik Indonesia Prof. Hariyono, Jum’at (6/11/2020) di Desa Papungan Kampung Mudjair.

Penghargaan diberikan kepada tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar, yakni Kampung Mudjair Desa Papungan Kecamatan Kanigoro masuk kategori Kampung Inovatif, Kampung Puspa Jagad Desa Semen Kecamatan Gandusari sebagai Kampung Ekologis, Desa Wisata Serang Desa Serang Kecamatan Panggungrejo sebagai Kampung Penggerak Pancasila dan Desa Budaya Gaprang Desa Gaprang Kecamatan Kanigoro masuk kategori Kampung Bhineka.

Selain itu, Pemkab Blitar juga menerima penghargaan sebagai Pemerintah Kabupaten Penggerak Pancasila melalui Kerukunan Antar Umat Beragama.

Prof. Hariyono mengungkapkan Kabupaten Blitar merupakan inspirasi praktik-praktik laku Pancasila atau pilot project untuk daerah lain, hal ini diungkapkan karena di lingkungan masyarakat hingga pemerintah daerah sudah berusaha melakukan program atau aktivitas nilai-nilai Pancasila secara keseharian.

“Di Blitar salah satu tokoh Boeing Kristiawan yang mampu menemukan bibit-bibit yang bagus dan ini di inspirasi tokoh-tokoh generasi sebelum 45 yaitu Iwan Dalauk yang notabenya Pak Moedjair yaitu mengubah ikan kakap hitam yang biasa hidup di laut bisa hidup di air tawar, ini kan sebuah inovasi, orang-orang yang seperti itu adalah orang-orang yang pancasilais,” terangnya.

Sementara itu, Pjs. Bupati Blitar Drs. Budi Santosa mengatakan virus berprestasi inilah yang seharusnya dimunculkan sebanyak-banyaknya di desa, supaya masyarakat desa mampu mengembangkan potensi yang ada. Ia juga menyebut, gotong royong mampu menyelesaikan masalah dan memunculkan inovasi-inovasi.

Komentar