Kepala Disparbudpora Kabupaten Blitar Ajak Masyarakat Implementasikan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

BLITAR KAB – Pancasila itu adalah jati diri bangsa Indonesia, filosofi hidup yang tidak hanya sebagai simbol tapi bagaimana mengimplementasikan Sila pertama hingga Sila kelima itu dalam kehidupan sehari-hari.

Pandangan ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso, M.Si pada kegiatan Webinar “Implementasi Nilai-nilai dan Ideologi Pancasila dalam Kehidupan Modern” di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Jum’at (27/11/2020).

Webinar tersebut dihadiri Pjs Bupati Blitar Drs. Budi Santosa, serta menghadirkan narasumber Drs. Bambang Budiono, Dosen FISIP Unair, Danang Widoyoko, Penemu Rekayasa Teknologi Nuklir, Dolis Setiawan, Pemuda Pelopor Bidang SDA, Lingkungan dan Pariwisata, dan Dwi Handoko Kades Serang/Penerima Penghargaan Kampung Pembhakti Pancasila 2020.

Suhendro menyebut, potensi Kabupaten Blitar luar biasa hebat termasuk pada sektor pariwisata, pertanian, peternakan dan banyak potensi lainnya. Sehingga dengan mengundang narasumber hebat tersebut dapat menyampaikan kepada peserta webinar bagaimana implementasi Pancasila dengan mengedepankan cinta lingkungan, pemberdayaan masyarakat, dan lebih produktif dengan teknologi yang ada.

“Sehingga ketika kita berbicara di Blitar tentang ternak koi, ternak bebek, ternak ayam misalnya dengan teknologi yang ada ini, nanti lebih efisien dan menghemat ongkos produksi dan sebagainya. Sehingga arahnya adalah rakyat yang berdaya,” tuturnya.

Dia menegaskan, yang diandalkan webinar kali ini tidak hanya membahas Pancasila secara teori, tetapi realita. Sehingga ketika hal itu dilaksanakan, kesejahteraan masyarakat akan tercapai.

Komentar