Pemerintah Kabupaten Blitar

Pemkab Blitar Ikuti Penandatanganan Kerja Sama dalam Rangka Kemitraan PMA/PMDN dengan UMKM

Senin, 18 Januari 2021

BLITAR KAB – Pemerintah Kabupaten Blitar mengikuti video conference di Kantor Pemkab Kanigoro, Senin (18/01/2021) dengan pemerintah pusat terkait penandatanganan kerjasama Penyertaan Modal Asing (PMA)/Penyertaan Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Presiden Jokowi mengatakan, “Bisnis model kemitraan seperti ini harus terus dilembagakan harus menemukan pola relasi yang menguntungkan. Semua harus untung, yang gede suruh rugi yang kecil untung, gak, semua harus untung,” seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden. Presiden Jokowi memastikan akan terus berupaya membangun ekosistem yang kondusif agar kolaborasi usaha besar dengan UMKM terus berkembang yakni dari yang semula melihatkan 196 UMKM dan 59 perusahaan besar.

Berdasarkan data pada tahun 2020, jumlah pelaku UMKM di Kabupaten Blitar mencapai puluhan ribu yang terdaftar di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro. Sedangkan yang belum terdaftar diperkirakan lebih banyak. Bupati Blitar Rijanto mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi keberlangsungan UMKM di Kabupaten Blitar. Dengan adanya kerjasama dengan PMA dan PMDN dapat membantu perkembangan pelaku usaha ditengah pandemi COVID-19. Mengingat selama penyebaran virus corona banyak yang terdampak terutama pelaku usaha maka sektor perekonomian harus diberikan motivasi agar tetap eksis. Ia berharap, kedepannya potensi-potensi yang ada di Kabupaten Blitar dapat terangkat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Visi & Misi

TERWUJUDNYA KABUPATEN BLITAR YANG MANDIRI DAN SEJAHTERA BERLANDASKAN AKHLAK MULIA. Selengkapnya

Pemerintah Kabupaten Blitar
Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Blitar
Jl. Kusuma Bangsa No. 60 Kanigoro Telp. (0342)801201 Kode Pos 66171
E-mail : kabupaten.blitar@blitarkab.go.id / Website : https://www.blitarkab.go.id