Pemerintah Kabupaten Blitar

Pemkab Blitar Lakukan Pendistribusian Vaksin Covid-19 Kepada Fasyankes

Rabu, 27 Januari 2021

BLITAR KAB – Hari ini pemerintah Kabupaten Blitar sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) mulai melakukan pendistribusian vaksin Covid-19 kepada Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang nanti akan melaksanakan proses vaksinasi Covid-19.

“Kita upayakan selesai pada hari ini. Kita sudah berusaha karena kita sudah bekerja sesuai dengan timeline,” ungkap Sugiyono, Kepala Unit Pelaksana Teknis Instalasi Farmasi Kabupaten Blitar saat melakukan pendistribusian vaksin Covid-19 di Instalasi Farmasi milik Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Rabu (27/01/2021).

Sesuai data UPT Instalasi Farmasi, Pemerintah Kabupaten Blitar menerima 3.000 dosis vaksin Sinovac yang tiba pada hari Selasa (26/01/2021). Sebelumnya, pendistribusian vaksin dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke Kabupaten Blitar ini mendapat pengawalan ketat dari Brimob Polda Jatim.

Sugiyono mengatakan, sesuai SOP sasaran tahap pertama pemberian vaksin Covid-19 yakni untuk seluruh Nakes (Tenaga Kesehatan) di seluruh wilayah Fasyankes yang akan melakukan vaksinasi. Termasuk di Puskesmas, Rumah Sakit, Klinik, UPT Instalasi Farmasi, UPT Laboratorium Kesehatan Kabupaten Blitar dan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.

Setelah menerima vaksin Covid-19, selanjutnya Fasyankes akan melakukan persiapan screening bagi calon penerima vaksin Sinovac sesuai alokasi di wilayah masing-masing. Ini dilakukan untuk menyeleksi apakah calon penerima vaksin tersebut memenuhi persyaratan serta memastikan kondisi tubuh penerima vaksin dalam keadaan baik.

Sugiyono juga menjelaskan penerima vaksinasi Covid-19 nantinya akan menerima dua fase dengan jeda waktu pemberian vaksin pertama dan kedua selama 14 hari. Mengenai kapan pelaksanaan vaksinasi disetiap Fasyankes, Sugiyono menyampaikan itu tergantung masing-masing Fasyankes.

“Paling singkat besok harus sudah mulai untuk pemberiannya. Sesuai arahan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim dalam bulan ini untuk fase dalam pelaksanaannya harus sudah vaksinasi semua sesuai dengan sasaran,” tuturnya.

Visi & Misi

TERWUJUDNYA KABUPATEN BLITAR YANG MANDIRI DAN SEJAHTERA BERLANDASKAN AKHLAK MULIA. Selengkapnya

Pemerintah Kabupaten Blitar
Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Blitar
Jl. Kusuma Bangsa No. 60 Kanigoro Telp. (0342)801201 Kode Pos 66171
E-mail : kabupaten.blitar@blitarkab.go.id / Website : https://www.blitarkab.go.id