Pemerintah Kabupaten Blitar

Pemkab Blitar Gelar Rakor Tindak Lanjut Jejaring Simpul Ekonomi Pelabuhan Prigi

Kamis, 04 Maret 2021

BLITAR KAB – Pemkab Blitar yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Bappeda, Diskopum serta Dishub Kabupaten Blitar melangsungkan rapat koordinasi tindak lanjut Jejaring Simpul Ekonomi Pelabuhan Prigi bersama dengan Dishub Trenggalek, Dishub Jatim dan UPT Pelabuhan Pengumpan Regional Lamongan di Ruang Perdana, Rabu (3/3).

Rapat ini sebagai tindak lanjut pertemuan melalui zoom meetings pada tanggal 11 Desember 2020 yang membahas kerjasama yang bisa dibangun terkait operasionalisasi Pelabuhan Prigi. Status saat ini pelabuhan dibangun oleh Dinas Perhubungan Jatim dengan menggunakan APBD Trenggalek.

Drs. Tuti Komaryati, MM selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan menyatakan bahwa Kabupaten Blitar siap menjadi mitra dan bekerjasama dengan Kabupaten Trenggalek dalam operasional Pelabuhan Prigi utamanya dalam mendukung kegiatan perekonomian masyarakat, hal ini juga sejalan dengan tugas TPID Kabupaten Blitar dalam mempertahankan roda perekonomian serta mengendalikan laju inflasi daerah. Diharapkan agar Kabupaten Trenggalek melakukan sosialisasi lebih lanjut terkait fasilitas dan kelebihan apa saja yang dimiliki oleh Pelabuhan Prigi agar para pengusaha UKM di Kabupaten Blitar tertarik untuk mengirimkan komoditasnya.

“Sarana dan prasarana jalan dari Blitar ke Trenggalek merupakan hal yang harus dipersiakan secara baik. Kemudahan terkait perizinan dan persyaratan harus disosialisasikan terlebih dahulu,” tambah Tuti Komaryati.
Syaifudin selaku wakil dari Dishub Jatim juga menyampaikan bahwa dengan adanya Pelabuhan Prigi akan berdampak pada upaya agar perkembangan wilayah pesisir selatan Jatim tidak jauh berbeda dengan pesisir utara.

Prigi dipilih sebagai lokasi pelabuhan karena pertimbangan lokasi yang sangat aman dan kolam pelabuhan yang tenang namun memiliki kedalaman yang cukup besar. Saat ini akses ke Pelabuhan Prigi hanya dapat menampung beban maksimal 10 ton dan rencananya akan dinaikkan menjadi 50 ton.

Visi & Misi

TERWUJUDNYA KABUPATEN BLITAR YANG MANDIRI DAN SEJAHTERA BERLANDASKAN AKHLAK MULIA. Selengkapnya

Pemerintah Kabupaten Blitar
Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Blitar
Jl. Kusuma Bangsa No. 60 Kanigoro Telp. (0342)801201 Kode Pos 66171
E-mail : kabupaten.blitar@blitarkab.go.id / Website : https://www.blitarkab.go.id