Pemerintah Kabupaten Blitar

Dukung Potensi Desa, Pemkab Blitar Kunjungi Kecamatan Ponggok

Senin, 14 Maret 2022

PEMKAB BLITAR- Bupati Blitar Rini Syarifah bersama dengan Asisten I dan Asisten III dan Kepala OPD mengunjungi potensi Desa melalui program One Village One Produk di Desa Ponggok dan Desa Kawedusan Kecamatan Ponggok.

Desa Ponggok memiliki potensi Desa yaitu pengelolaan buah menjadi kripik. Hal ini, didukung dengan adanya potensi Desa yaitu buah blimbing, mangga, nanas dan pisang.

Oleh sebab itu, melalui Bumdes mengelola potensi Desa menjadi olahan yang memiliki nilai jual. Namun, masyarakat mengeluhkan terkait dengan pendampingan di bidang pertanian lantaran sering terjadi panen secara bersama.

Sehingga menimbulkan ketidakefektifan dalam pengelolaan buah. Dengan adanya keluhan tersebut Mak Rini secara langsung meminta Dinas Pertanian untuk melakukan pendampingan yaitu adanya pembinaan.

“Desa Ponggok ini memiliki potensi Desa yaitu buah yang diolah menjadi kripik, untuk pengemasan sudah baik namun yang perlu ditingkatkan yaitu pemasaran. Oleh sebab itu, kami melalui OPD terkait akan membantu dalam pemasaran secara luas sehingga dapat dikonsumsi oleh masyarakat secara luas,”ujarnya.

Sementara itu, Desa Kawedusan memiliki potensi telur asin dan minuman olahan toga, kue kering, sambel pecel, kerajinan tangan dan beberapa kripik. Mak Rini terus mendorong potensi Desa sehingga terciptanya One Village One Product yang dapat meningkatkan perekonian masyarakat.

Mak Rini berpesan agar seluruh pelaku UMKM yang belum memiliki ijin usaha agar segera mengurus. Sehingga produk dapat dipasarkan secara luas dan dapat diperjual belikan di pasar modern.

Pemerintah Kabupaten Blitar
Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Blitar
Jl. Kusuma Bangsa No. 60 Kanigoro Telp. (0342)801201 Kode Pos 66171
E-mail : kabupaten.blitar@blitarkab.go.id | admin@blitarkab.go.id / Website : https://www.blitarkab.go.id